fbpx
Select Page

Para siswa/i SMA Kelas XII, pasti saat ini sedang bertanya-tanya “mau kuliah dimana ya? mau Jurusan apa ya? kuliah itu penting gak sih?”. Kuliah merupakan salah satu tahapan penting dalam kehidupan pendidikan seseorang karena pengetahuan yang kamu dapatkan semasa kuliah akan menjadi bekal kamu di masa depan. Hal yang harus dipikirkan matang-matang yaitu memilih jurusan dan kampus yang tepat. Bagaimana cara memilih jurusan yang tepat?

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membantu kamu saat memilih jurusan:

  • Cari Tahu apa Passion Kamu

Passion itu berhubungan dengan apa yang kamu sukai, contohnya kamu suka bermain game lalu tertarik untuk membuat game sendiri. Mulai dari sana kamu dapat menentukan passion dan jurusan kuliah yang tepat untuk kamu. Pahamilah passion kamu, jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan.

  • Lihat Motivasi Diri

Coba kamu pikirkan beberapa pertanyaan di bawah ini,

Apa tujuan kamu masuk kuliah jurusan itu?

Tujuan itu dapat kamu gunakan sebagai motivasi dan menjadi semangat ketika kamu menjalani perkuliahan. Tanpa adanya motivasi yang jelas, biasanya kamu tidak akan nyaman pada saat perkuliahan.

  • Konsultasi kepada yang Berpengalaman

Konsultasikan jurusan yang kamu pilih, kamu bisa berkonsultasi dengan guru, orang tua atau bahkan staff kampus. STMIK LIKMI juga sering menerima konsultasi serta menjawab pertanyaan-pertanyaan dari siswa/i secara offline maupun online melalui Whatsapp 0817219966. Kamu dapat bertanya tentang suatu jurusan misalnya prospek pekerjaan setelah lulus.

  • Intip Peluang Kerja di Masa Depan

Kamu harus mencari tahu apakah setelah lulus jurusan yang kamu pilih memiliki peluang kerja yang besar atau tidak. Jangan memilih jurusan yang peluang kerjanya kecil. Contohnya jurusan Teknik Informatika, perkembangan teknologi semakin maju dan tentunya lulusan jurusan teknik informatika semakin dibutuhkan.

STMIK LIKMI memiliki jurusan Teknik Informatika dan Akreditasi Kampus kami sudah B.

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2022/2023 juga sudah dibuka. Kamu dapat mendaftarkan diri pada link bit.ly/likmi2022.