fbpx
Select Page

Perkembangan teknologi semakin pesat seiring dengan perkembangan zaman. Kemajuan teknologi membuat semakin banyak penerapan di bidang Teknik Informatika mulai dari pendidikan, perusahaan hingga aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, lulusan Teknik Informatika menjadi semakin dibutuhkan. Dikutip dari Prosple Indonesia, berikut beberapa jenis pekerjaan Teknik Informatika yang paling dicari pada tahun 2022

♦ Data Scientist

Tugas dari seorang Data Scientist adalah mengumpulkan, menganalisis, dan mengambil kesimpulan dari berbagai macam data perusahaan yang nantinya hasil analisis tersebut akan digunakan sebagai dasar pengembangan teknologi baru. Seorang Data Scientist sangat dibutuhkan karena bisnis kecil maupun besar sangat bergantung pada data. Jika perusahaan tidak mampu mengolah data, maka bisnis tidak akan memiliki pedoman untuk strategi pengembangan bisnis ke depannya.

♦ Information Security Analyst

Tugas dari seorang Information Security Analyst adalah untuk menganalisis suatu sistem dan menjaganya agar terhindar dari kejahatan cyber. Peran seorang Information Security Analyst semakin diperlukan karena semakin banyak data sensitif yang diunggah dan disimpan dalam dunia digital sehingga beresiko terjadinya kejahatan.

♦ Web Developer

Web developer menjadi pekerjaan yang menarik belakangan ini. Alasannya pekerjaan ini dapat menghasilkan gaji yang tinggi serta lingkungan kerja fleksibel sehingga banyak anak muda ingin bekerja di bidang ini. Alasannya lainnya adalah keadaan saat ini membuat banyak aktivitas yang dilakukan secara online sehingga website diperlukan untuk sebuah perusahaan atau bisnis agar menambah daya tarik. Secara umum, web developer ada 3 jenis yaitu Front-End Developer yang bertugas mengatur bagian website yang terlihat oleh pengunjung termasuk UX dan UI, Back-End Developer yang bertugas mengatur elemen di belakang layer dan Full-Stack Developer bertugas sebagai front-end dan back-end sekaligus

♦ Software Engineer

Tugas dari Software Engineer adalah melakukan riset, mendesain, mengembangkan, melakukan pengujian, serta memelihara software. Selain itu, menganalisis kebutuhan user dan melakukan assessment terkait requirement dari software yang tengah ditangani. Pekerjawaan ini mewajibkan para lulusan Teknik Informatika menguasai berbagai jenis bahasa pemrograman.

Sangat menjanjikan bukan prospek pekerjaan di bidang Teknik Informatika ini. Lulusan Teknik Informatika STMIK LIKMI juga sering dicari setiap tahunnya oleh perusahaan karena sudah banyak perusahaan yang mengakui bahwa lulusan STMIK LIKMI sangat berkompeten di bidang Teknik Informatika. Pendaftaran Program Sarjana (S1) Teknik Informatika bisa dilakukan secara online pada bit.ly/LIKMI-NextGen dan dapatkan Beasiswa Potongan Uang Pangkal 75%.