fbpx
Select Page

Tinggal menghitung hari, perkuliahan tahun ajaran 2022/2023 akan segera dimulai. Para lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) akan segera memasuki jenjang yang baru yaitu jenjang perkuliahan. Kegiatan perkuliahan tentu saja akan jauh berbeda dengan sekolah dulu, dimana para mahasiswa baru harus beradaptasi dengan jadwal yang baru. Oleh karena itu, para mahasiswa baru harus mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan perkuliah di tempat perguruan tinggi.

Apa saja yang harus dipersiapkan?

#1 Persiapkan Mental Kamu

Dunia perkuliahan jauh berbeda dengan SMA, yang biasanya kamu “dikejar-kejar” dan “disuapi” oleh guru maka pada dunia kuliah tidak ada yang namanya mahasiswa yang “dikejar-kejar” oleh dosen. Mahasiswa harus inisiatif dan mandiri, oleh karena itu pola pikir dan mental kamu harus dirubah.

#2 Cari Tahu Tentang Jurusan Kamu

Cari tahu dan pelajari apa hal penting yang ada di jurusan kamu agar lebih mudah beradaptasi. Searching informasinya dan jangan malu bertanya apabila kamu kurang paham mengenai dunia perkuliahan. Kamu dapat bertanya kepada staff kampus ataupun senior kamu

#3 Belajar Memanajemen Waktu

Persiapkan diri kamu dan belajar mengatur waktu. Di dunia kuliah, biasanya jadwal kamu tidak akan sepadat seperti jadwal SMA namun biasanya ada kelas tambahan atau kegiatan lain seperti Senat mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan sebagainya.

#4 Persiapkan Peralatan Kuliah

Mahasiswa baru harus mempersiapkan peralatan kuliah karena tahun ini perkuliahan sudah dapat dilaksanakan secara offline. Persiapkan buku perkuliahan, alat tulis, laptop dan yang lainnya.

#5 Mempelajari Soft Skill

Belajar soft skill seperti kepemimpinan, public speaking dan teknik presentasi sangat bermanfaat. Asah dan pelajari terus soft skill untuk menunjang karir kamu ke depan.

#6 Jaga Kesehatan Tubuh

Pada perkuliahan offline ini kita tetap dianjurkan untuk memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer. Jangan lupa untuk melakukan Vaksin Booster sesuai aturan pemerintah. Selain itu jaga kesehatan kamu dengan minum air putih, makan makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup.

Nah berikut hal-hal yang dapat kamu persiapkan sebelum masuk kuliah, luangkan waktu dan latihlah diri agar mampu beradaptasi pada dunia perkuliahan. Semangat!