fbpx
Select Page

Gmail adalah singkatan dari Google Mail, merupakan layanan email yang dikembangkan oleh Google. Gmail rata-rata digunakan di semua kalangan masyarakat karena mudah dan nyaman saat digunakan. Keuntungan apabila kamu menggunakan Gmail adalah dengan satu akun Gmail kamu dapat memanfaatkan berbagai produk Google. Kamu hanya cukup log in dengan satu akun saja namun berbagai produk tersebut sudah dapat kamu manfaatkan dan gunakan. Selain itu, kapasitas penyimpanan pada Gmail terbilang cukup besar. Apabila kamu yang sedang mengerjakan skripsi, tesis atau karya ilmiah, kamu bisa menyimpan filenya pada gmail dengan cara menyimpan di draft. Gmail memiliki banyak fitur-fitur yang dapat kamu manfaatkan dan pastinya semua orang sudah mengetahui. Kali ini kita akan membahas beberapa fitur yang masih jarang orang ketahui dan apabila diaplikasikan tentunya sangat membantu kita dalam menggunakan Gmail. Apa saja sih?

#1 Mode Rahasia

Mode rahasia ini bisa kamu gunakan untuk mengirimkan email yang sifatnya sensitif dan membantu untuk membuat emailmu kadaluarsa. Caranya menggunakannnya Buka opsi buat email baru. Lalu, klik lambang gembok pada kanan bawah. Setelah itu, atur waktu kadaluwarsa, klik save dan kirim email.

#2 Akses Gmail Secara Offline

Fitur ini sangat berguna untuk kamu yang sering pergi ke daerah susah sinyal, Fitur ini akan membantu kamu untuk mengakses dan membalas email walaupun tidak terhubung internet. Caranya klik settings lalu pilih Offline dan beri centang pada pilihan “Enable Offline Mode”.

#3 Mengirim Email Sesuai Jadwal

Fitur ini dapat mempermudah untuk mengirimkan email secara terjadwal, cocok banget nih untuk kamu yang sering lupa. Cara menggunakannya Lihat ke arah tombol send, lalu klik tanda panah bawah di sebelah tombol send. Setalah itu pilih pilihan “Schedule Send” dan pilih waktu yang diinginkan.

#4 Fitur Signature

Biasanya di akhir kalimat penutup email terdapat sedikit data kontak pribadi seperti nama, jabatan dan nomor telepon. Hal tersebut bisa dibuat secara otomatis dengan fitus Signature, jadi kamu tidak perlu membuang waktu untuk ketik berulang-ulang. Caranya pilih “Settings” lalu klik “General” dan pilih “Signature”.

#5 Fitur Undo Send

Terkadang kita melakukan kesalahan dengan lupa mengedit nama penerima atau typo atau sebagainya, setelah itu kita panik ingin merevisi atau membatalkan pengiriman pesan. Dengan fitur undo send kamu dapat menunda untuk mengirimkan email selama 5-30 detik caranya dengan pilih “Settings” lalu klik “General” dan pilih “Undo Send”.

Sangat membantu kan #LIKMILeaders!