fbpx
Select Page

Attitude merupakan sikap yang seseorang tunjukan dalam kehidupan sehari-hari, terlihat dari cara berbicara, bertindak, serta bersikap kepada orang lain. Attitude seseorang dapat mempengaruhi terhadap kesuksesannya nanti, oleh karena itu mahasiswa harus memiliki attitude yang baik agar semakin sukses di masa depan. Alasannya apa?

Dikutip dari Dinas Ketenagakerjaan, kesuksesan seseorang dapat diraih dengan mengasah tiga hal yaitu Skill (keterampilan), Knowledge (pengetahuan) dan Attitude (sikap). Tiga hal inilah yang menjadi fokus mahasiswa untuk mempersiapkan karirnya di masa depan. Dalam dunia kerja, persaingan semakin ketat dan menuntut calon karyawan tidak hanya untuk memiliki Skill (keterampilan) dan knowledge (pengetahuan) yang baik tapi juga harus memiliki Attitude (sikap) yang baik. Skill (keterampilan) dan knowledge (pengetahuan) merupakan hal yang dapat dipelajari dan dikembangkan dengan cara belajar, membaca dan praktek. Berbeda dengan Attitude (sikap), hal ini sangat penting karena berhubungan dengan karakter dalam diri seseorang namun hal ini juga dapat dilatih dan dipelajari.

Berbicara mengenai attitude, berikut beberapa attitude yang harus dimiliki oleh mahasiswa

♥ Salam, Senyum, Sapa

Hal ini mungkin sudah diajarkan sedari kecil dan mudah untuk dilakukan. Namun terkadang ada beberapa orang yang melupakan hal kecil ini, belajarlah membiasakan salam, senyum dan sapa atau minimal tidak memasang muka judes kepada orang lain.

♥ Tolong, Maaf, Terima kasih

Selalu biasakan diri kamu untuk menggunakan kata tolong, maaf dan terima kasih. Kata-kata ini akan membantu kamu untuk membangun relasi saat nanti di dunia kerja. Ketiga kata ini merupakan hal yang sering disepelekan, namun memiliki efek yang luar biasa.

♥ Hormati semua orang

Kita harus selalu bisa bersikap sopan dan menghormati orang lain apalagi kepada orang yang lebih tua. Hal tersebut dapat mencerminkan nilai seseorang.

♥ Hargai Setiap Perbedaan

Hargai setiap perbedaan baik pendapat, ras, suku, budaya dan lainnya. Saling menghormati dan menghargai maka hidup akan selalu tentram. Kamu harus tau kalau semua orang itu bebas berpendapat dan mempunyai hak.

♥ Menerima Kritik atau Masukan

Selalu terima kritik atau masukan dari orang lain, kritik dan masukan tidak selalu mengartikan sesuatu yang negatif. Hal itu dapat membuat kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

♥ Menghargai waktu

Sangat penting untuk selalu tepat waktu, hal ini dapat menjadi kesan pertama yang dilihat seseorang kepada diri kamu.

Attitude yang baik akan membantu kamu untuk selalu menemukan segala sesuatu hal yang baik. Yuk, kita mulai belajar ber-attitude yang baik! Semoga artikel ini bermanfaat #LIKMILeaders!