fbpx
Select Page

Untuk kamu yang baru terjun ke dunia investasi perlu banget nih untuk mengetahui Analisis Teknikal. Analisis ini diperlukan agar kita dapat membuat strategi untuk memaksimalkan hasil dari investasinya. Analisis ini dapat memberikan kita gambaran mengenai kondisi pasar berdasarkan histori dan bagaimana pergerakannya di masa depan. Namun terkadang para investor membeli saham tanpa melakukan analisis terlebih dahulu, padahal hal ini perlu dilakukan agar kita mengetahui pengetahuan dan analisisnya juga.

Analisis teknikal adalah suatu cara menganalisis aktivitas pasar menggunakan data pasar, harga saham, dan volume transaksi. Analisis ini membutuhkan data dan grafik harga pada masa lalu agar kemudian data tersebut dapat dianalisis sehingga kita dapat melihat adanya suatu pola yang terjadi. Data tersebut biasanya terdiri dari beberapa data yaitu informasi harga pembukaan, penutupan, tertinggi, terendah, hingga volume perdagangan. Bagi investor, analisis ini dapat membantu untuk menentukan kapan saat yang tepat untuk membeli saham. Dikutip dari Accurate, ada 3 (tiga) prinsip dasar dalam analisis teknikal yaitu:

Market Action Discounts Everything

Dasar analisis teknikal ini diasumsikan bahwa segala hal yang mempengaruhi pergerakan pasar, baik fundamental, politik, bencana alam, dan faktor psikologis pelaku pasar, telah tercermin dalam pergerakan pasar.

Prices Move in Trend

Dasar ini diasumsikan bahwa pergerakan harga tidak bergerak secara acak, melainkan berlangsung dalam suatu pola tertentu yang akan terus bergerak sampai akhirnya berhenti dan berbalik arah.

History Repeats Itselt

Dasar ini diasumsikan bahwa pola atau tren harga saham bergerak dalam suati tren atau pola-pola tertentu. Dimana pola ini memiliki kecenderungan berulang dari masa ke masa.

Demikianlah penjelasan singkat analisis teknikal. Untuk pengetahuan lebih lanjut, ayo belajar pada mata kuliah Pengetahuan Pasar Modal di STMIK LIKMI.