fbpx
Select Page

 Rekrutmen merupakan suatu proses penarikan para kandidat untuk mengisi posisi atau jabatan yang kosong pada suatu perusahaan. Biasanya proses rekrutmen ini terdiri dari beberapa proses dan membutuhkan waktu yang lumayan panjang, hal ini dikarenakan agar HRD mendapatkan kandidat terbaik untuk perusahaan. Untuk mahasiswa tingkat akhir maupun para Alumni LIKMI, mari kita intip hal yang akan menjadi tren HRD pada proses rekrutmen. Dikutip dari Glints, berikut beberapa tren rekrutmen yang diprediksi muncul pada tahun 2023

#1 Proses rekrutmen lebih menyeluruh 

Perusahaan akan semakin banyak merekrut kandidat dengan berbagai latar belakang yang beragam dari etnik, ras dan kewarganegaraan untuk merekrut talenta-talenta yang berkualitas.

#2 Soft Skill akan semakin dilihat perusahaan

Soft skill akan menjadi tambahan fokus untuk mencari kandidat pada tahun 2023 selain dari hard skill. Beberapa soft skill yang akan menjadi tambahan fokus perusahaan adalah kemampuan komunikasi, kerjasa tim, social skill dan pemecahan masalah.

#3 Penggunaan ATS

ATS merupakan software untuk menyeleksi CV kandidat berdasarkan kata kunci kriteria yang dibutuhkan. ATS merupakan singkatan dari applicant tracking system. Keuntungan penggunaan ATS ini agar HR untuk menghemat tenaga dan waktu sehingga lebih efisien dalam proses rekrutmen.

#4 Melihat personal branding

Media sosial kini dimanfaatkan para HR untuk mencari kandidat yang tepat, mereka biasanya melihat personal branding para kandidat dari media sosialnya. Oleh karena itu, para kandidat harus memaksimalkan peluang dengan cara membentuk personal branding yang baik dari sekarang.

#5 Peluang Remote Work dan Hybrid

Beberapa perusahaan masih memperhitungkan remote work dan hybrid. Jadi para kandidat yang berminat untuk mencari pekerjaan di luar kota, pulau maupun negara harus tetap semangat.

Nah berikut beberapa tren yang harus diperhatikan untuk para pencari kerja agar kamu bisa melakukan persiapan yang tepat. Kami STMIK LIKMI juga memiliki LIKMI Career untuk membantu para alumni untuk mendapatkan pekerjaannya. Jadi jangan ragu untuk mendaftarkan diri kamu ke STMIK LIKMI!