fbpx
Select Page

Untuk anak SMA pasti sudah mulai bingung memikirkan “Jurusan mana yang akan aya pilih?” karena tahun ini akan memasuki dunia perkuliahan. Sebagian besar mungkin sudah tahu jurusan mana yang akan dipilih dan bahkan sudah ada yang mendaftar di perguruan tinggi namun sebagian besar lagi masih bingung dan galau memilih jurusan apa. Berikut kami berikan beberapa tips yang harus dilakukan saat memilih jurusan:

Pahami Diri Sendiri

Kita harus mengenali bagaimana karakter dan bagaimana minat dan bakat yang kita miliki. Pahami diri sendiri dan dari sini kita dapat menentukan jurusan kuliah. Apabila kamu masih bingung dengan minat atau bakat yang dimiliki, kamu harus lihat bagaimana diri kamu, apakah kamu orangnya senang belajar atau mudah untuk beradaptasi. Apabila jawabannya ya, kamu dapat memilih jurusan yang dibutuhkan pada zaman sekarang dan selalu akan dibutuhkan di masa depan. Salah satunya Teknik Informatika karena jurusan ini akan selalu dibutuhkan seiring dengan perkembangan teknologi.

Cari Informasi 

Cari tahu informasi mengenai jurusan kuliah sebanyak-banyaknya, lihat kurikulum atau mata kuliah yang akan dipelajari, bagaimana lulusan alumninya, bagaimana kampusnya dan hal-hal lain yang dapat mendukung dan penting untuk diketahui. Contohnya di LIKMI ada LIKMI Career yang akan membantu kamu untuk mendapatkan pekerjaan setelah mahasiswa/i nya lulus.

Pahami Keuntungan dan Konsekuensi

Saat memilih jurusan kamu bisa mendapatkan beberapa kemungkinan yang terjadi misalnya Jurusan A sesuai minat bakat namun prospek kerjanya sulit atau Jurusan B tidak sesuai dengan minat bakat namun lulusannya sangat dibutuhkan. Nah berikut konsekuensi dan keuntungan, semua hal yang kita pilih akan ada plus minus yang terjadi, jadi jangan sampai kamu jadi berpindah-pindah jurusan karena hal tersebut.

Melakukan Konsultasi

Lakukan konsultasi dan diskusikan jurusan kuliah dengan orang tuamu, saudara yang sudah memasuki dunia kerja dan kampus yang kamu minati. Dengan cara ini kamu bisa yakin dengan jurusan yang akan kamu pilih. STMIK LIKMI juga membuka konsultasi untuk kamu yang membutuhkan informasi mengenai jurusan perkuliahan, hubungi whatsapp kami pada 0817219966