fbpx

Dalam memasarkan suatu produk/ jasa kepada masyarakat tentu membutuhkan sebuah strategi. Salah satu strategi penjualan adalah Psikologi Marketing. Psikologi marketing merupakan gabungan studi tentang mengenai pembeli, apa yang dibutuhkan oleh pembeli, bagaimana kebutuhan pembeli di masa yang akan datang, dan bagaimana memenuhi harapan para pembeli. Psikologi marketing dapat meningkatkan penjualan dalam berbisnis, bagaimana caranya?

1. Tampilkan Angka 9 Pada Harga Produk

Hal ini disebut dengan charm price, dimana dua harga yang sama dapat kelihatan sangat berbeda dan menarik minat pembeli contohnya produk dengan harga 19.999 banyak dibeli oleh konsumen dibandingkan dengan harga 20.000 padahal sama saja.

2. Perbandingan antara Harga Awal dengan Harga Diskon

Menurut pembeli, diskon akan selalu terlihat menarik dan apabila harga aslinya dicantumkan dengan harga diskonnya maka pembeli akan semakin tertarik dan membeli produk tersebut.

3. Menyediakan trik Decoy Effect

Decoy effect merupakan sebuah fenomena dimana pembeli biasanya akan mengganti pilihan di antara 2 pilihan jika diberikan pilihan ketiga yang tidak seimbang dan akan membuat pembeli akan membeli produk yang lebih mahal

4. Diskon untuk pembeli tertentu

Diskon diberikan kepada calon pembeli yang potensial, dimana kita harus mencari data dan melakukan riset untuk mengetahui pembeli mana yang lebih efektif jika diberikan diskon.

5. Berikan kesan langka pada produk anda

Salah satu penerapan ilmu psikologi marketing adalah penggunaan kesan langka pada produk yang akan dijual. Biasanya pembeli akan langsung membeli apabila stock barang tersebut sudah sedikit.

6. Meluncurkan Produk Eksklusif

Sama seperti memberi kesan langka,  trik limited edition juga merupakan salah satu cara penjualan menggunakan psikologi marketing dimana produk eksklusif akan menarik minat pembeli untuk membelinya karena stok terbatas

7. Memberi Pelanggan Produk Gratis

Apabila pembeli mendapatkan produk gratis dari penjual, maka pembeli akan senang dan biasanya akan membalas hal tersebut. Selain itu biasanya para pembeli akan melakukan repeat order setelah melakukan pembelian tersebut. Fenomena ini disebut dengan reciprocity.

8. Fenomena Social Proof

Social Proof merupakan fenomena psikologis dimana pembeli akan membeli produk karena pengalaman baik dari pembeli lainnya.

9. Menciptakan Kondisi Urgen

Terakhir, strategi dari psikologi marketing adalah menciptakan kesan urgent pada produk yang dijual. Sehingga biasanya para pembeli akan tertarik dan langsung membeli produk yang dijual.

Nah itu dia #LIKMILeaders sedikit pembahasan mengenai strategi psikologi marketing. Kamu dapat menerapkan strategi ini pada bisnis kamu nanti!

Ingin tahu pengetahuan mengenai marketing secara lebih dalam? Daftarkan diri kamu ke Program S1 Creative Digital Business melalui link bit.ly/likmi2024 dan dapatkan beasiswa hingga 100%. Konsultasi program pendidikan GRATIS via whatsapp di 081 721 9966 atau langsung di Kampus STMIK LIKMI Bandung setiap senin-sabtu 08.00-18.00
#EducationIsYoursNow