fbpx
Select Page

Bulan-bulan ini kota Bandung selalu diguyur hujan sepanjang hari. Aktivitas sering kali merasa terganggu karena hujan, apalagi disetiap aktivitas kita baik outdoor maupun indoor selalu menggunakan handphone. Kalian harus berhati-hati saat membawa handphone agar tidak terkena hujan atau terendam air karena handphone merupakan sebuah perangkat elektronik yang memiliki komponen-komponen yang sensitif di dalamnya. Seringkali kita merasa panik apabila handphone terkena hujan atau terendam air seperti itu, stop melakukan sesuatu yang akan memperburuk situasi dan merusak handphone kamu. Berikut beberapa cara yang kamu bisa lakukan saat handphone kamu terkena hujan

1. Matikan Handphone

Segera matikan handphone kamu jika masih dalam keadaan menyala saat terkena air untuk menghindari adanya konflik arus listrik terhadap air yang dapat merusak handphone.

2. Segera Keringkan Handphone

Carilah tempat berteduh dan keringkan handphone dengan membasuh atau lap handphone kamu memakai tisu kering atau kain agar mengurangi potensi kerusakan pada handphone.

3. Keluarkan kartu SIM dan kartu memori

Kartu SIM dan kartu memori merupakan bagian berharga karena menyimpan data-data di handphone kamu. Segeralah cabut dan keluarkan kartu SIM dan kartu memori.

4. Diamkan terlebih dahulu

Jangan langsung menyalakan handphone karena untuk mengeringkan ponsel yang sudah terkena hujan atau terendam air setidaknya perlu waktu kurang lebih 3 hari.

Kuncinya untuk mencegah kejadian seperti itu, kamu harus berhati-hati menyimpan handphone agar kamu tidak mengeluarkan biaya yang besar untuk memperbaiki handphone kamu. Gunakan case anti air untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.