fbpx
Select Page

Detikinet- Pemimpin teknis Covid-19 WHO, Maria Van Kerkhove menyebutkan beberapa faktor penularan varian Omicron di masyarakat. Dia mengatakan bahwa masyarakat perlu berpikir untuk mengurangi paparan mereka terhadap virus dan mengendalikan penularannya. Apakah faktor penularan varian Omicron?

Yang pertama adalah mutasi virus. Beliau dalam wawancaranya mengatakan varian ini bertransmisi secara efisien karena mutasinya membuat virus lebih mudah menempel pada sel manusia dan memiliki kemampuan menghindari imun tubuh yang artinya orang bisa terinfeksi kembali walaupun mereka sudah terinfeksi sebelumnya atau sudah divaksin.

Yang kedua yaitu tempat keramaian. Penyebaran virus ini juga didorong oleh aktivitas masyarakat yang sudah mulai berani datang ke tempat ramai dan tidak mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan memakai masker.

Ketiga adalah sudah mulai berkerumun dan bertemu dengan banyak orang. Hal ini merupakan salah satu yang harus dihindari di tengah meningkatnya kasus varian Omicron. Walaupun kita berada di dalam ruangan bersama banyak orang dan sudah melakukan vaksinasi, tidak menjamin bahwa kita tidak tertular virus Covid-19.

Dan yang keempat adalah berpergian terutama ke luar negeri. Para ahli menyarankan masyarakat seluruh dunia untuk menunda perjalanan terutama ke luar negeri. Walaupun harus pergi karena urusan yang sangat penting, selalu kenakan masker berkualitas tinggi dimana pun baik dalam pesawat maupun bandara.

Tetap patuhi protokol kesehatan yaitu menjaga jarak dan memakai masker. Stay safe #LikmiLeaders