fbpx
Select Page

Kompas Tekno – Penelitian atau riset terbaru membuktikan bahwa sepertiga waktu kita habis untuk menggunakan aplikasi pada handphone kita. Penelitian ini dilakukan oleh App Annie yaitu perusahaan analisis aplikasi dan data pasar kelas dunia. Dalam laporan yang berjudul State of Mobile App Annie menjelaskan bahwa masyarakat Indonesia dapat menghabiskan waktu lebih dari lima jam sehari, sebanding dengan kebiasaan masyarakat di Brazil dan Korea Selatan. Diasumsikan jika waktu kita tidur adalah 7-8 jam per hari, dapat disimpulkan bahwa sepertiga waktu kita habis untuk menggunakan aplikasi handphone.

Penelitian ini dilakukan di beberapa negara yaitu India, Turki, AS, Jepang, Meksiko, Singapura, Kanada dan negara lainnya yang menjadi pasar aplikasi handphone. Dan hasilnya sangat mengejutkan, karena rata-rata waktu yang dihabiskan untuk menggunakan aplikasi adalah 4 jam 48 menit, hal ini mengalami peningkatan sebesar 30 persen dari tahun 2019. Aplikasi TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan dan menghabiskan 90 persen lebih banyak waktu dibandingkan tahun 2020.

Aplikasi TikTok kembali mendominasi sebagai aplikasi yang paling banyak didownload di seluruh dunia. Berdasarkan perkiraan App Annie, TikTok juga akan melebihi 1,5 miliar pengguna aktif per bulannya. Theodore Krantz, kepala eksekutif App Annie mengatakan bahwa layar besar perlahan-lahan akan mati karena seluler terus memecahkan rekor (hampir) pada setiap kategori yaitu waktu yang dihabiskan, download/ unduhan, dan pendapatan.