fbpx
Select Page

Bisnis online merupakan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan untuk mahasiswa. Dengan cara online ini, mahasiswa dapat memasarkan produk secara luas, lebih cepat dan mudah. Selain untuk mengisi waktu luang, mahasiswa dapat mencari penghasilan tambahan lewat online. Ditambah masa pandemi mengakibatkan banyak orang yang beralih dari berjualan offline ke online. Instagram merupakan salah satu platform yang dapat dimanfaatkan untuk bisnis online. Instagram banyak digunakan oleh para pebisnis karena selain mudah digunakan, Instagram mempunyai fitur yang dapat membantu memasarkan produk dan meningkatkan penjualan. Pertama yang harus kita lakukan apabila memiliki bisnis online, akun pribadi harus diganti menjadi akun bisnis.  Cara untuk merubahnya adalah pertama buka akun Instagram lalu pilih ikon garis tiga vertikal di kanan atas lalu Klik Settings lalu pilih “Account” dan pilih “Switch to Profesionnal Account”

Dikutip dari kompas, fitur yang dapat dimanfaatkan adalah fitur insight atau “Audience insight”. Dengan fitur ini, kamu dapat menganalisis siapa saja audiens atau akun calon pembeli yang mengunjungi profil bisnis Instagram kamu jadi kamu dapat spesifik melihat target market kamu. Kedua, fitur “Auto-Reply”, hal ini membantu pelanggan terlayani dengan baik karena merasa informasi yang dibutuhkan diterima dengan cepat. Fitur menyaring pesan dengan “Filter Inbox” yang berguna untuk menyaring pesan dari calon pembeli yang masuk. Disini kamu juga dapat menandai beberapa pesan masuk dan menentukan mana yang jadi prioritas kamu. Keempat, Instagram Stories yang merupakan salah satu fitur Instagram yang dapat membantu memaksimalkan promosi produk. Dan yang terakhir fitur siaran langsung atau Instagram Live yang dapat kamu gunakan untuk menarik perhatian calon pembeli.

Nah berguna banget kan, car aini merupakan salah satu materi digital marketing. Kamu juga dapat mempelajari ilmu digital marketing lainnya di jurusan ITPreneurship di STMIK LIKMI. Pendaftaran dapat dilakukan di pmb.likmi.ac.id.