Belanja online menjadi salah satu hobi masyarakat khususnya mahasiswa saat ini. Belanja online di berbagai platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia atau lainnya meningkat pesat terutama di saat pandemi seperti ini. Tanggal 15 Maret diperingati sebagai Hari Hak Konsumen Sedunia, kita sebagai konsumen harus lebih cermat saat berbelanja. Berikut beberapa hal yang diperhatikan saat kita menerima paket online
♥ Periksa barang pesanan yang datang
Hal utama yang harus dilakukan adalah memeriksa barang pesanan yang telah datang. Periksa alamat tujuan, nama pemeriksa, dan cek produk secara fisik dan fungsinya. Jangan lupa membuat video saat membuka paket untuk berjaga apabila produk yang diterima tidak sesuai dengan pesanan kamu.
♥ Jangan terlalu cepat klik “Pesanan Diterima”
Hal tersebut dapat merugikan konsumen apabila konsumen belum cek seluruh pesanan secara fisik dan fungsinya. Oleh karena itu kita sebagai pembeli harus memastikan terlebih dahulu produk yang diterima, apabila sudah sesuai baru klik “Pesanan Diterima”.
♥ Perhatikan Batas Waktu Komplain
Konsumen harus memerhatikan batas waktu komplain, hal ini bertujuan untuk mengajukan komplain apabila produk kamu tidak sesuai dengan pesanan kamu.
♥ Jangan Lupa Kasih Review
Review memiliki peran penting dalam membantu antara penjual dan pembeli. Dari sisi penjual, hal ini dapat membantu meningkatkan penilaian toko dan apabila dari segi pembeli dapat membantu para pembeli lainnya untuk mencari toko yang sesuai dengan kebutuhan mereka.