fbpx
Select Page

Dikutip dari World Health Organization (WHO), kesehatan mental merupakan kondisi dari kesejahteraan yang disadari oleh seseorang yang mencakup kemampuan-kemampuan untuk mengelola stres untuk bekerja secara produktif dan berperan serta di komunitasnya. Pada zaman sekarang, masalah kesehatan mental di Indonesia sering terjadi pada kalangan remaja, hal ini dapat dipengaruhi beberapa hal seperti kondisi emosinya belum stabil dan belum mengerti cara memecahkan masalah yang terjadi pada dirinya. Faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan mental pada remaja yaitu faktor keturunan, keluarga, pergaulan, gaya hidup, sosial, dan berbagai faktor lainnya. Kesehatan mental juga memiliki peranan penting bagi mahasiswa baru, contohnya mahasiswa baru harus beradaptasi dengan lingkungan perkuliahannya yang baru dan lingkungannya pun akan jauh berbeda dengan saat sekolah. Selain itu metode pembelajaran akan berbeda dengan sekolah dulu, waktu belajarnya akan berbeda dan pergaulannya pun akan jauh berbeda. Apabila kesehatan mental tidak dijaga akan menyebabkan gangguan seperti stress, sakit kepala, kecemasan berlebih, hingga depresi.

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan mental bagi mahasiswa? Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental

# Olahraga secara teratur

Olahraga yang teratur dapat mengalihkan pikiran kamu untuk tidak memikirkan pikiran yang negatif. Selain itu olahraga dapat menurunkan hormon kortisol yang bisa menyebabkan stress.

# Harus memiliki hobi yang disukai

Salah satu cara lainnya agar pikiran tidak memikirkan hal negatif adalah dengan menjalankan hobi. Dengan hobi biasanya suasana hati akan lebih bahagia karena hobi merupakan hal yang disukai.

# Selalu punya tempat curhat

Hubungi orang yang dapat kamu percaya dan ceritakan apa yang hal yang mengganggu pikiran, bisa teman dan keluarga. Pastikan juga orang tersebut dapat menjaga rahasia kamu dan membantu kamu untuk semangat kembali

# Jauhi lingkungan yang Toxic

Hal yang berpengaruh cukup besar terhadap kesehatan mental adalah lingkungan. Apabila dirimu merasa berada di lingkungan yang toxic, tarik diri kamu dan batasi.

# Cintai diri sendiri

Jangan terlalu mendengar apa yang orang katakan tentang diri kamu. Cintai diri kamu sendiri dan lakukan apa yang kamu sukai selama apa yang kamu kerjakan itu positif dan tidak merugikan orang lain.

Happy Weekend #LIKMILeaders!