fbpx
Select Page

Meningkatkan penjualan merupakan salah satu tujuan pada bisnis, banyak cara untuk meningkatkan penjualan salah satunya dengan CRM. Apa itu CRM? CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management yang merupakan teknologi yang digunakan pada bisnis untuk mengelola interaksi dan hubungan perusahaan dengan pelanggan. Tujuannya untuk mempermudah proses dalam meningkatkan penjualan, layanan pelanggan, serta mendapatkan keuntungan bisnis.

Dengan CRM, perusahaan dapat meminta dan menyimpan feedback dari pelanggan mengenai produk dan layanan sehingga perusahaan dapat melakukan evaluasi, memperbaiki maupun meningkatkan kualitas dari produk dan layanan tersebut. Dengan bantuan CRM, perusahaan juga dapat menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan dan tetap terhubung untuk jangka waktu yang panjang.

Bagaimana peranan CRM dalam meningkatkan penjualan?

# Terus Terhubung Dengan Pelanggan

Setiap pelanggan akan selalu terhubung dengan perusahaan dengan CRM sehingga perusahaan dapat mengetahui, melacak dan mengelola informasi yang didapatkan untuk mengetahui prospek pelanggan. Dengan hal ini, perusahaan akan mendapatkan peluang untuk melakukan peningkatan penjualan.

# Dapat Mengetahui dan Melacak Prospek Pelanggan

Seperti apa yang dikatakan sebelumnya bahwa dengan CRM perusahaan dapat melacak prospek pelanggan dan mendapatkan gambaran bagaimana pelanggan mengetahui perusahaan. Apabila perusahaan sudah mengetahui sumber tersebut, maka perusahaan dapat mengatur strategi penjualan perusahaan.

# Cepat dalam Menindaklanjuti Pesanan Pelanggan

Hal ini merupakan salah satu hal yang penting saat melakukan penjualan. Dengan menggunakan CRM, maka pesanan pelanggan akan lebih mudah dan cepat untuk ditindaklanjuti.

# Membantu Meningkatkan Layanan Pelanggan

Dengan CRM, staff perusahaan akan lebih cepat dalam melayani pelanggan.  Selain itu, karena data dan informasi sudah tersimpan pada CRM maka staff perusahaan akan lebih mudah untuk menawarkan produk sesuai dengan yang pelanggan ingin.

Kesimpulannya, CRM merupakan solusi tepat untuk membantu meningkatkan penjualan pada bisnis perusahaan.