fbpx
Select Page

Mahasiswa harus memulai untuk belajar mengatur keuangannya. Walau mahasiswa masih sebagian besar dibiayai orang tua, namun apa pernah terbayangkan sewaktu-waktu orang tua terkena musibah sehingga mengalami kesulitan untuk membiayai uang kuliah. Selain itu, seseorang tanpa perencanaan keuangan yang baik maka akan sulit untuk mencapai tujuan di masa depan. Alasan penting lainnya adalah mahasiswa harus belajar menyeimbangkan pemasukan dan pengeluaran agar sesuai dengan kebutuhannya yang semakin lama semakin banyak dan hal ini juga dapat dijadikan pembelajaran mahasiswa apabila ingin menjadi wirausaha. Oleh karena itu, mahasiswa harus mulai mengatur keuangannya dengan baik.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengelola keuangan:

#1 Mulai menabung

Menabung merupakan salah satu hal yang berguna untuk masa depan kita. Selalu sisihkan sedikit dari uang yang kita terima baik dari orang tua atau dari penghasilan tambahan. Rutinlah menabung agar memiliki dana untuk disimpan

#2 Catat setiap pengeluaran

Setiap pengeluaran harus dicatat, walaupun membeli barang-barang yang kecil usahakan hal tersebut tercatat dalam pengeluaran. Kamu bisa menulis di buku atau menggunakan aplikasi di handphone yang bisa membantu kamu. Hal ini dapat membantu kamu agar tidak boros.

#3 Pikirkan sumber pemasukan

Mahasiswa biasanya mendapat pemasukan dari orang tua namun kamu juga dapat mencari sumber pemasukan lainnya seperti kerja sampingan atau freelance.

#4 Mulai berinvestasi

Investasi bisa memberikan banyak manfaat bagi semua kalangan, termasuk mahasiswa. Investasi merupakan salah satu cara untuk menyiapkan dana darurat dan dapat menjadi sumber pendapatan tambahan di masa depan. Mulailah berinvestasi kecil-kecilan seperti reksadana karena tidak memerlukan modal yang begitu besar.

#5 Belajar kendalikan diri

Kendalikan diri kamu saat ingin membeli keperluan yang tidak penting. Pertimbangkan alasan saat kamu ingin membeli barang, pikirkan apa manfaat ataupun kegunaan barang tersebut untuk jangka panjang.