fbpx
Select Page

“Ghost Touch” merupakan salah satu fenomena pada smartphone dimana layar biasanya tidak dapat disentuh namun beberapa aplikasi bisa terbuka dengan sendirinya. Hal ini terkadang terjadi pada pengguna android maupun iphone, tidak berbahaya namun terkadang menjengkelkan dan mengganggu pengguna.

Apa penyebab terjadinya “Ghost Touch”?

# Menggunakan charger tidak original

Salah satu penyebab “Ghost Touch” adalah penggunaan charger tidak original atau KW. Hal ini terjadi karena biasanya output daya dari charger KW biasanya tidak stabil dan dapat mengganggu sensitivitas sentuhan layar.

# Permukaan layar kotor

Kotoran yang menempel pada layar smartphone dapat mengganggu sensitivitas layar sehingga menyebabkan layar bergerak tidak beraturan dan tidak sesuai

# LCD rusak

Penyebab lainnya adalah kerusakan pada LCD dan hal ini dapat mengakibatkan terjadinya layar yang bergerak sendiri.

# Bug pada aplikasi

Pada saat menjalankan aplikasi biasanya memiliki sejumlah bug dan biasanya beberapa fungsi smartphone mungkin akan terganggu salah satunya sensitivitas layar.

# Penggunaan anti gores

Anti gores merupakan salah satu cara untuk melindungi layar smartphone namun penggunaan anti gores terkadang dapat mengganggu sensitivitas layar lantaran terdapat debu-debu yang menyelip.

Bagaimana cara mengatasi “Ghost Touch”?

Pertama, coba untuk rutin membersihkan layar smartphone dari kotoran yang menempel dengan menggunakan kain berbahan lembut

Kedua, jangan menggunakan charger yang tidak original atau KW

Ketiga, update aplikasi atau hentikan aplikasi yang didalamnya terdapat bug.

Keempat, lepaskan anti gores apabila memakai anti gores lalu bersihkan

Kelima, pilihan terakhir kamu dapat melakukan factory reset pada smartphone

Demikianlah informasi seputar penyebab dan cara mengatasi “Ghost Touch”, semoga bermanfaat ya #LIKMILeaders!