fbpx
Select Page

Penggunaan media sosial hampir menjadi kebutuhan semua orang di zaman sekarang ini. Setiap mahasiswa pasti memiliki akun media sosial. Salah satu faktor penggunaan media sosial ini adalah agar tetap terhubung dengan orang-orang terdekat. Namun pada zaman sekarang, perusahaan pun ikut menjadikan media sosial sebagai salah satu pertimbangan saat merekrut karyawannya. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa kita harus pintar dan bijak dalam penggunaan media sosial agar tidak menjadi kesan negatif dan menghilangkan kesempatan di rekrut perusahaan. Apa saja sih hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan pada media sosial?

Don’ts

#1 Memposting postingan sembarangan

Sebaiknya sebagai mahasiswa kamu harus memposting postingan yang baik, legal serta harus dipikirkan dampak kedepannya. Dapat dilihat pada beberapa kejadian yang terjadi, seseorang memposting sesuatu yang menggiring opini publik sehingga menyebabkan masalah kepada orang yang memposting sesuatu tersebut.

#2 Mempercayai berita Hoax dan menyebarkannya

Segala sesuatu informasi pasti termuat pada internet namun tidak semua informasi yang ada di internet dapat dipercaya. Jangan mempercayai berita hoax yang tersebar di internet tanpa ada bukti, cari tahu kebenaran informasi secara akurat setelah itu kamu dapat menyebarkannya.

#3 Menjadi pribadi yang negatif

Sebaiknya kamu menjadi pribadi yang positif walaupun kebebasan berpendapat boleh di media sosial. Jangan berkomentar negatif dan menjadi pribadi dengan attitude yang buruk karena jejak digital itu tidak bisa hilang.

Do’s

#1 Jangan memposting informasi yang bersifat privasi

Jangan memposting sesuatu yang bersifat privasi seperti KTP, Passport, ATM atau hal yang lainnya agar tidak menimbulkan bahaya. Apabila kamu memposting hal tersebut, kejahatan akan mudah terjadi padamu.

#2 Harus mengatur waktu

Menggunakan media sosial terkadang membuat kita suka lupa waktu. Batasi penggunaannya dengan memanajemen waktu menggunakan media sosial agar tidak mengganggu rutinitas dan produktivitasmu.

#3 Posting hal yang positif

Posting hal-hal yang positif dan berkualitas pada media sosial dapat menjadi nilai positif dan membangun personal branding. Beberapa perusahaan biasanya akan cek postingan sosial media calon karyawannya untuk menjadi hal pertimbangan dalam perekrutan karyawan.

Nah #LIKMILeaders bijaklah saat menggunakan media sosial ya!