fbpx
Select Page

Melindungi data dari serangan siber merupakan salah satu hal yang penting dilakukan. Serangan siber merupakan cara hacker melakukan berbagai upaya serangan untuk mengakses data sensitif milik orang lain. Hacker biasanya melakukan hal ini untuk berbagai macam kejahatan seperti dijual oleh hacker atau menjatuhkan seseorang bahkan melakukan sejumlah penipuan. Beberapa jenis serangan siber yang sering terjadi yaitu Kebocoran Data, Hacking, SQL Injection, Phishing dan banyak lainnya.

Pada kesempatan kali ini, mari kita membahas soal kebocoran data. Dikutip dari Helios.id, kebocoran data dapat diartikan sebagai tranmisi data yang tidak sah dari dalam suatu organisasi ke tujuan atau penerima eksternal. Kebocoran data secara sederhana merupakan sebuah kondisi dimana data sensitif terakses oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk melindungi dari kebocoran data

♣ Jangan pernah membagikan kode verifikasi kepada siapa pun melalu SMS , Whatsapp atau telepon.

♣ Aktifkan autentikasi dua faktor untuk melindungi akun

♣ Luangkan waktu untuk cek semua konfirgurasi pada handphone atau pc

♣ Jangan sembarang klik tautan yang tidak jelas

♣ Selalu update perangkat pada pembaruan keamanan

♣ Jangan sembarang instal aplikasi

♣ Jangan gunakan Wi-Fi sembarangan dan tidak aman

♣ Gunakan nomor telepon terpisah untuk masuk ke media sosial yang memerlukan nomor telepon

Berhati-hatilah dengan kejahatan siber ya #LIKMILeaders!

Untuk kamu yang tertarik mengetahui bagaimana kemanan siber, kalian dapat mempelajari ilmunya di Program S1 Creative Digital Technology (Teknik Informatika) pada bidang keahlian Network & Cyber Technology. Hubungi kami pada admin pada 0817219966.