fbpx
Select Page

Magang merupakan sebuah proses penerapan ilmu pengetahuan yang didapatkan selama perkuliahan ke dalam dunia kerja langsung. Magang menurut Undang-Undang adalah bagian dari salah satu pelatihan kerja yang terselenggara di sebuah perusahaan. Tujuan dari magang adalah agar mahasiswa/i dapat mempersiapkan diri mereka menghadapi dunia kerja setelah lulus kuliah nanti. Dengan magang, mahasiswa/i tidak akan kaget saat memasuki dunia kerja yang sesungguhnya dan lebih mudah untuk beradaptasi. Beberapa universitas menjadikan magang menjadi salah satu syarat kelulusan mahasiswa seperti STMIK LIKMI. Alasannya, magang banyak memberikan manfaat kepada mahasiswa/i.

Lantas, apa saja sih manfaat magang bagi mahasiswa itu?

#1 Meningkatkan ilmu dan wawasan

Selain untuk menerapkan ilmu dan wawasan yang ada didapatkan saat kuliah, mahasiswa/i dapat meningkatkan wawasan yang akan didapatkan di dunia kerja.

#2 Memperbanyak dan memperluas relasi

Saat magang, kamu akan menemui orang-orang baru sehingga relasi mu menjadi banyak. Selain itu, secara tidak langsung para mahasiswa/i akan mendapatkan ilmu-ilmu baru dari teman yang baru karena saling cerita dan berbagi.

#3 Memiliki kesempatan besar bekerja di perusahaan

Apabila kinerja mahasiswa/i baik dan bagus selama masa magang, maka tidak menutup kemungkinan mahasiswa/i tersebut langsung direkrut untuk menjadi karyawan tetap di perusahaan tersebut.

#4 Dapat meningkatkan kualitas diri

Dengan magang, mahasiswa/i akan mendapatkan poin plus saat lulus nanti. Kemampuan atau skill yang didapatkan saat magang contohnya komunikasi atau kerjasama tim akan membuat kualitas diri meningkat.

#5 Mendapat penghasilan tambahan

Beberapa perusahaan biasanya memberikan uang saku tambahan kepada mahasiswa/i magang. Namun yang lebih penting adalah pengetahuan yang akan didapatkan ketika magang karena akan sangat berkontribusi bagi masa depan.

Nah sudah tahu kan manfaat mahasiswa/i apabila mengambil program magang #LIKMILeaders, apabila ada kesempatan jangan ragu untuk mengambilnya ya!