fbpx
Select Page

Life Skill adalah sebuah kemampuan yang wajib untuk dimiliki agar bisa membekal diri dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sosialnya. Dikutip dari Glints, life skill (keterampilan hidup) merupakan jenis keterampilan yang dibutuhkan untuk mengelola aktivitas dan tantangan dalam kehidupan sehari-hari secara efektif. Dengan menguasai skill ini akan membantumu untuk menangani semua hal dengan lebih baik mulai dari bagaimana memanajemen emosi hingga berinteraksi dengan orang lain. Life skill juga dapat dikatakan keterampilan yang dibutuhkan oleh manusia untuk dapat bertahan hidup dan dapat berbeda tergantung pada kebutuhan.

Lalu apa saja jenis life skill yang dibutuhkan pada zaman sekarang ini?

Komunikasi

Salah satu life skill yang perlu dikuasai adalah komunikasi. Dengan kemampuan ini, kamu dapat menyampaikan informasi kepada orang lain dengan baik. Skill ini merupakan salah satu kemampuan terpenting yang harus dimiliki setiap orang.

Problem Solving

Skill ini sangat wajib kalian miliki, kemampuan ini diperlukan saat kamu bertemu dengan masalah dan untuk dapat menemukan solusi terbaik dalam setiap masalah yang kamu temui.

Social Media

Di zaman ini, hampir semua dilakukan secara online, life skill social media ini menjadi sangat penting. Kemampuan untuk mengelola media sosial dengan baik sangat diperlukan dan menjadikan kita mempunyai nilai plus.

Komputer

Komputer merupakan salah satu skill yang menjadi modal penting agar kita bisa survive di dunia yang serba digital ini. Minimal kamu harus bisa mengerti dasar-dasar penggunaaan dan cara kerja aplikasi yang banyak digunakan seperti Microsoft Word, Excel, dan Power Point.

Creative Thinking

Creative thinking merupakan salah satu life skill yang wajib dimiliki, kemampuan ini akan membantu dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan memecahkan masalah secara sistematis dan kreatif.

Beberapa penjelasan life skill tersebut adalah jenis keterampilan yang bisa membuat kamu bertahan dalam kehidupan personal dan karir di era digital seperti ini. Dengan menerapkan life skill maka kamu juga dapat menyadari potensi-potensi yang dimiliki termasuk juga batasan diri. Untuk meningkatkan kemampuan life skill kamu dapat melakukan hal-hal seperti fokus tingkatkan skill interpersonal, Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang positif, Jangan pernah berhenti untuk belajar, serta Mengembangkan dan mempertajam self awareness.