fbpx
Select Page

Menjelang UAS, para mahasiswa biasanya mendapatkan tugas project dan diharuskan untuk melakukan presentasi agar mendapatkan nilai tambah untuk UAS. Agar presentasi menarik dan efektif, mahasiswa harus memahami beberapa hal penting mulai dari materi, desain powerpoint hingga cara berbicara di depan umum.

Berikut beberapa tips yang bisa para mahasiswa terapkan saat hendak melakukan presentasi

Persiapkan Materi

Mempersiapkan materi merupakan salah satu kunci terpenting pada sebuah presentasi. Siapkan materi dengan sebaik mungkin, cukup poin-poin penting dan sedikit pembahasan yang dicantumkan pada power point selebihnya kamu hafalkan dan berikan penjelasannya dengan cara sendiri.

Desain Powerpoint

Siapkan Powerpoint yang mengesankan, jangan terlalu ramai dan sesuaikan dengan tema presentasi yang akan dibawakan. Pilih jenis font dan ukuran yang sesuai dan pastikan terbaca oleh audiens.

Membawa Properti

Properti dapat membuat presentasi semakin menarik, hal ini memang jarang dilakukan namun bisa membuat nilai tambah pada presentasi. Properti tersebut juga disesuaikan dengan materi yang akan dibawakan.

Berpakaian yang Rapi

Saat presentasi, mahasiswa harus menggunakan pakaian yang rapi agar tidak terkesan tidak sopan dan malah membuat dosen berpikir negatif tentang diri.

Percaya Diri

Biasanya, para mahasiswa sangat gugup saat membawakan presentasi. Kuncinya hanya satu yaitu percaya diri, apabila gugup coba untuk tersenyum. Percaya bahwa kita bisa untuk melakukan presentasi.

Jangan Berpikir Negatif

Jangan berpikir negatif tentang para audiens, lakukan kontak mata dan senyum yang tulus serta ciptakan energi yang positif.

Menonton Video Presentasi

Di Youtube, kamu dapat menonton beberapa video presentasi yang menarik, hal ini sebagai pembanding atau menambahkan hal apa saja yang dapat membuat presentasi lebih baik.

Semoga bermanfaat ya #LIKMILeaders, semangat menuju Ujian Akhir Semester (UAS)!