fbpx
Select Page

Kuliah sambil kerja atau kerja sambil kuliah menjadi hal yang banyak diambil oleh mahasiswa pada zaman sekarang. Hal ini sangat baik dan berguna karena pendidikan sangat penting untuk menunjang karir di masa depan. Ternyata kuliah sambil kerja ini memiliki beberapa keuntungan yaitu mahasiswa dapat mengaplikasikan langsung ilmu yang didapatkan saat kuliah, lalu para mahasiswa juga akan terbiasa berada dalam lingkungan kerja yang profesional sehingga sudah terbiasa dan cepat beradaptasi dengan dunia kerja. Terkadang beberapa mahasiswa merasa hal ini akan menyita cukup banyak waktu namun tidak akan terjadi apabila mahasiswa memiliki manajemen waktu yang baik. Manajemen waktu sangat penting agar mahasiswa tidak kewalahan dan keteteran saat mengambil kuliah sambil kerja. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membantu para mahasiswa yang kuliah sambil kerja.

Membuat Rancangan Kegiatan

Agar tidak kewalahan, mulailah untuk membuat rancangan kegiatan serta mengatur waktu kamu sejak hari ini. Buatlah beberapa list seperti jadwal perkuliahan, tugas kuliah, pekerjaan yang harus dilakukan dan kegiatan penting lainnya lalu setelah itu susun rundown  dan atur waktunya yang telah disesuaikan dengan list tersebut. Hal ini dapat memudahkan agar bisa menyesuaikan dan mengerjakan semuanya dengan rapi dan selesai tepat pada waktunya.

Jangan Terlalu Banyak Bermain

Salah satu godaan mahasiswa yaitu pergi menghabiskan waktu untuk bermain. Mahasiswa yang sudah memutuskan untuk berkuliah, harus menghindari menghabiskan waktu kosong untuk hal-hal yang dapat menggangu kerja dan kuliah kamu. Boleh sesekali bermain untuk menghilangkan penat dan menghibur diri sendiri. Mungkin dapat dicoba juga bermain sambil belajar contohnya ketika pergi ke cafe dapat membawa tugas dan sambil mengerjakannya.

Membuat Skala Prioritas

Susun skala prioritas yang akan dilakukan, lihatlah dari kegiatan yang paling mendesak hingga kegiatan yang agak santai. Contohnya apabila hari ini ada rapat namun ada kuis kuliah untuk malam hari, kamu bisa menyelesaikan rapat kantor terlebih dahulu dan belajar untuk kuis kuliah pada jam istirahat kantor. Mahasiswa disini harus fokus dan menjaga mood agar semuanya dapat terselesaikan dengan baik dan sesuai harapan.

Memberitahu Atasan Kantor

Mahasiswa yang kuliah sambil kerja harus menyampaikan dan memberitahukan kepada atasan di kantor karena mahasiswa akan mengajukan izin untuk beberapa kegiatan yang wajib diikuti di kampus. Hal ini harus dibicarakan agar atasan mengerti dan mempermudah langkah kamu ke depannya.

Gunakan Waktu Libur Untuk Istirahat

Mahasiswa yang mengambil kuliah sambil kerja pasti terkadang merasa lelah, oleh karena itu memanfaatkan waktu sebaik- baiknya apabila ada libur untuk beristirahat agar tetap sehat dan bisa melakukan aktivitas.

Nah itu beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tidak kewalahan saat mengambil kuliah sambil kerja. STMIK LIKMI juga mempunyai kelas karyawan untuk kamu yang berminat kuliah sambil kerja, ketahui informasinya lebih lanjut yuk. Konsultasikan melalui Whatsapp Admin (0817219966)