fbpx
Select Page

Memulai bisnis bukanlah salah satu hal yang mudah, banyak ilmu yang harus dipelajari dan beberapa hal harus dipertimbangkan. Namun hal ini tidak perlu ditakutkan dan segala sesuatunya dapat dipelajari terlebih dahulu. Poin penting dalam memulai bisnis sebenarnya adalah ilmu, fokus dan persiapan. Beberapa ilmu bisnis harus dipelajari dengan baik agar kita mengetahui konsepnya bagaimana dan cara bekerja bisnis itu seperti apa. Berikut beberapa aspek penting yang harus kamu pertimbangkan sebelum memulai bisnis.

Menetapkan visi dan misi bisnis

Setiap orang harus membuat dan mengetahui visi dan misi bisnis sebelum memulai bisnisnya. Hal ini akan menjadi dasar dan panduan agar tetap fokus pada tujuan. Dari visi dan misi yang sudah dibuat kamu dapat mengetahui siapa saja yang dapat membantu kamu menjalankan visi dan misi tersebut. Sebuah perusahaan akan berkembang jika orang yang didalamnya sudah sejalan dengan visi dan misi bisnis tersebut.

Pahami konsep produk/jasa yang akan dibuat

Pemahaman soal produk/jasa yang akan dijalankan merupakan salah satu hal yang penting. Karena apabila produk/jasa sudah dipahami secara teknisnya, kamu dapat menentukan bagaimana strategi pemasaran, siapa saja yang dapat di prospek, kebutuhan pasarnya bagaimana dan lainnya.

Persiapkan mental dan Attitude

Seorang pebisnis yang sukses selalu mempunyai mental dan sikap yang baik. Seorang  “Entrepreneur” harus mempunyai manajemen waktu yang baik, sikap tidak menyerah, selalu ingin belajar dan melihat permasalahan secara positif sehingga tidak akan membuat patah semangat.

Merancang perencanaan dan jurnal keuangan bisnis

Tidak efektifnya sebuah perencanaan bisnis maupun jurnal keuangan dapat membuat bisnis gagal. Perhitungan keuangan dimulai dari pengeluaran, pendapatan dan biaya lainnya harus dibuat secara tepat agar dapat membantu untuk menghitung secara akurat kebutuhan modal. Hal ini harud dipahami dengan baik karena dapat untuk membantu mengindentifikasi potensi resiko bisnis, manajemen dan keuangan dan membuat langkah-langkah solusi apabila ada permasalahan yang datang.

Selalu berpikir kreatif dan dapat membuat keputusan 

Bisnis tidak selamanya berjalan dengan mulus, mungkin nanti ada beberapa masalah yang akan datang. Beberapa kegagalan bisnis terjadi karena kurangnya kreativitas, kepemimpinan dan pembuatan keputusan yang kurang tepat. Kreativitas dibutuhkan agar strategi selalu berjalan dengan baik contohnya pada saat melakukan pemasaran. Dengan kreativitas dan kemampuan membuat keputusan, kita juga dapat melakukan analisis permasalahan dan menemukan solusi yang kreatif dan bijak.

Nah, berikut beberapa aspek penting yang dapat membantu saat memulai bisnis. Penasaran kan dengan ilmu bisnis lebih dalam dan lebih lanjut?

Daftarkan dirimu ke Program S1 Creative Digital Business dan pelajari ilmu bisnis sampai ke akar-akarnya, hubungi admin lebih lanjut yuk melalui Whatsapp (0817219966)