fbpx
Select Page

Seiring dengan perkembangan teknologi, media sosial sekarang menjadi salah satu sarana promosi yang bagus untuk mengiklankan dan memasarkan produk/ jasa. Konsumen dapat lebih mudah mengenal produk/ jasa yang perusahaan tawarkan melalui sarana ini. Penerapan ini dinamakan Social Media Marketing dan dalam prosesnya pun penerapannya harus tepat agar berfungsi dengan baik. Perusahaan sudah banyak yang menggunakan Social Media Marketing karena lebih efisien dibandingkan dengan metode marketing konvensional.

Apa itu Social Media Marketing?

Secara mudah, Social Media Marketing diartikan sebagai salah satu proses marketing dan dilakukan melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok atau Twitter. Menurut Neil Patel yang dikutip dari Glints, Social Media Marketing merupakan sebuah proses menarik perhatian orang agar terikat (engaged) dengan konten yang disajikan.

Manfaatnya apa?

Proses marketing akan jauh lebih menyenangkan melalui media sosial dan perusahaan pun akan mendapatkan beberapa manfaat seperti:

Meningkatkan Brand Awareness

Setelah perusahaan melakukan promosi melalui media sosial biasanya secara perlahan masyarakat akan mulai menganggap perusahaan itu ada dan diingat oleh masyarakat.

Mendapatkan analisis produk/jasa dan strategi pemasaran

Setelah melalukan Social Media Marketing biasanya calon konsumen akan melihat dan berinteraksi dengan konten melalui like, follow dan comment. Dari sini kita dapat melakukan analisis bagaimana insight, pendapat soal produk/ jasa yang ditawarkan dan bagaimana respon calon konsumen sehingga perusahaan dapat menentukan bagaimana strategi pemasaran selanjutnya.

Lebih mudah mempelajari pesaing

Semakin banyak perusahaan yang menggunakan Social Media Marketing maka perusahaan dapat lebih mudah melakukan analisis terhadap perusahaan pesaing lainnya.

Apa saja Skill yang dibutuhkan?

Ilmu mengenai Social Media Marketing ini memang pada zaman sekarang menjadi salah satu pelajaran yang didapat di bangku kuliah contohnya pada Program S1 Creative Digital Business dengan bidang keahlian Digital Marketing. Disini kita akan mempelajari bagaimana kebiasaan orang-orang di media sosial, menganalisis konten dan berpikir konten apa yang dapat menarik perhatian konsumen. Skill yang harus dimiliki dan akan dikembangkan oleh seorang Social Media Marketing adalah mampu menulis, mampu menganalisis, komunikasinya baik dan mampu berpikir kreatif.

Jadi tunggu apalagi? Daftarkan diri kamu melalui link pmb.likmi.ac.id atau konsultasikan lebih lanjut melalui Whatsapp (0817219966)