fbpx
Select Page

Selamat datang para mahasiswa/i baru tahun ajaran 2023/2024. Sebagai mahasiswa baru kalian harus mengetahui bahwa perguruan tinggi merupakan salah satu tempat yang sangat baik untuk dimanfaatkan agar dapat berkembang sehingga menjadi mahasiswa produktif. Mahasiswa produktif adalah mahasiswa yang dapat mengatur, memanajemen dan mengelola waktunya dengan baik untuk mempelajari dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Menjadi mahasiswa produktif bukan sesuatu yang mudah, terkadang saat mendapat tugas yang banyak mahasiswa tidak dapat mengatur waktu dan sudah terlalu pusing memikirkan tugas tersebut sehingga tidak dapat mengerjakan pekerjaan lainnya.

Berikut tips untuk menjadi mahasiswa yang produktif

Biasakan tepat waktu dan disiplin

Sebagai mahasiswa produktif, kamu harus dapat mengatur dan memanajemen waktu saat mengerjakan tugas. Buatlah jadwal dan disiplin dalam mengerjakan sesuatu.

Istirahat yang cukup

Mahasiswa terkadang membiasakan dirinya untuk begadang, padahal kebiasaan tersebut sangat tidak baik karena akan mempengaruhi konsentrasi dan fokus dalam mengerjakan sesuatu sehingga menurunkan produktivitas. Waktu istirahat yang baik yaitu 6-8 jam per hari.

Harus selalu bertanggung jawab

Setiap pilihan yang kamu ambil, kamu harus dapat menyelesaikannya dengan baik. Semakin banyak sesuatu yang kamu pilih, semakin besar juga tanggung jawabnnya. Oleh karena itu, setiap memilih kegiatan atau pekerjaan harus disesuaikan dengan kemampuan diri.

Temukan passion dalam diri

Mahasiswa yang dapat memilih mana yang bisa dilakukan dengan baik dan maksimal merupakan mahasiswa yang produktif. Lakukan sesuatu yang benar-benar kamu sukai dan mendapatkan manfaat dari kegiatan tersebut.

Komunikasi

Komunikasi sangat penting dalam meningkatkan produktivitas karena komunikasi yang efektif akan membuat seseorang lebih mudah dalam mencapai tujuan dan lebih mudah bekerjasama dalam mengerjakan sesuatu terutama bersama tim. Oleh karena itu latih komunikasi dan perbanyak teman-teman yang membantu kamu untuk meningkatkan produktivitas.

Aktif Dalam Kegiatan Kampus atau Mengikuti Lomba 

Aktif dalam kegiatan kampus atau mengikuti lomba sangat bermanfaat untuk mengembangan skill dan menambah portofolio saat kalian akan mencari kerja nanti. Perusahaan biasanya melihat bagaimana peran kamu sebagai mahasiswa di lingkungan kampus.

Nah itu kunci agar kamu dapat menjadi mahasiswa yang produktif. Semoga artikel ini bermanfaat ya #LIKMILeaders! Happy Weekend!