fbpx
Select Page

Content creaor merupakan salah satu pekerjaan yang sangat diminati akhir-akhir ini. Perkembangan teknologi membuat pekerjaan ini muncul dan didukung oleh perkembangan media sosial yang semakin pesat. Saat ini, content creator dapat menghasilkan secara mandiri atau bekerja sama dengan perusahaan. Bahkan tidak hanya bekerja sama, setiap perusahaan juga rata-rata memiliki karyawan tetap sebagai content creator mereka sendiri.

Perusahaan akan membutuhkan bantuan dari content creator  untuk membangun bisnis mereka melalui media sosial dengan mempromosikan bisnis melalui konten-konten yang dibuat. Agar dapat menghasilkan konten yang berkualitas, maka seorang content creator wajib menguasai bagaimana cara-cara membuat konten dan hal lainnya untuk menunjang hal tersebut.

Berikut ini beberapa skill yang WAJIB dimiliki oleh seorang content creator

Dapat menganalisis dengan baik

Seorang content creator harus dapat menganalisis dengan baik, dimulai dari melihat tren terbaru, mengumpulkan data atau informasi yang dibutuhkan untuk membuat konten, melihat apa yang dibutuhkan audiens dan menganalisis kondiri pasar.

Dapat memanajemen waktu dengan baik

Para content creator pasti memiliki deadline dan harus membuat banyak konten, selain itu jadwal posting pun harus ditentukan dari awal agar konten tersebut menarik dan tidak ketinggalan trennya. Proses pembuatan konten pun tidak semudah yang dibayangkan, contohnya 1 video memerlukan beberapa take dan beberapa kondisi, oleh karena itu manajemen waktu diperlukan agar dapat menyelesaikan setiap konten.

Harus Teliti

Ketelitian juga sangat penting dimiliki oleh seorang content creator karena akan berhubungan dengan tulisan, caption yang berhubungan dengan konten. Tidak etis rasanya kalau video sudah diposting namun terdapat typo atau kesalahan kalimat.

Harus memiliki kreatifitas

Content creator harus kreatif, harus banyak melihat referensi konten namun tidak boleh plagiat. Hal tersebut akan membuat konten kamu berbeda dan menarik dengan konten content creator lainnya.

Fotografi dan Videografi

Content creator  juga tidak terlepas dari foto dan video. Setiap konten pasti akan berhubungan dengan 2 (dua) hal tersebut, oleh karena itu skill ini wajib untuk dikuasai.

Kemampuan Editing

Salah satu proses yang penting dalam pembuatan konten adalah Editting, konten yang selesai difoto atau direkam masih harus dicek kembali dan diedit agar menjadi lebih sempurna.

Memahami Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) merupakan teknik mengelola website agar dapat bekerja secara optimal dan dapat peringkat paling atas pada mesin pencarian (search engine), seperti Google. Penerapan SEO ini akan membantu mempermudah audiens dalam menemukan konten.