fbpx
Select Page

Hai #LIKMILeaders, menjaga Kesehatan mental merupakan salah satu hal penting yang harus kita lakukan. Kenapa? Karena apabila mental kita sehat maka kita dapat menggunakan kemampuan kita dengan maksimal untuk menjalani hidup dan bersosialisasi dengan baik kepada orang lain. Apabila kita mempunyai Kesehatan mental yang buruk, maka suasana hati dan emosi akan terganggu sehingga mempengaruhi kemampuan berpikir. Sebagai seorang mahasiswa, apabila Kesehatan mentalnya terganggu maka dapat menurunkan kemampuan dan prestasi belajarnya juga loh. Ciri-ciri Kesehatan mental terganggu adalah stress, Lelah, susah tidur, cemas dan lainnya dan jika dibiarkan maka akan berlanjut hingga depresi.

Lantas bagaimana caranya menjaga Kesehatan mental?

Pahami diri kita

Pahami apa yang kita mau, apa yang kita inginkan, kenali diri kita lebih dalam. Apakah ada yang mengganggu pikiranmu? Apakah ada yang tidak nyaman dalam diri kamu. Apabila kamu merasa seperti itu, cari sumbernya kenapa.

Membuat jadwal dan memanajemen waktu

Jadwal dan manajemen waktu ini dapat membantu mengelola dan membagi waktu agar tidak stress menjalani kegiatan dan fokus menyelesaikannya.

Jangan ada pada lingkungan toxic

Lingkungan akan sangat berpengaruh pada Kesehatan mental kamu, oleh karena itu ciptakan lingkungan yang sehat dan dapat membangun

Jangan terlalu berekspektasi tinggi

Apabila ekspektasi kamu tidak tercapai biasanya kita akan kecewa dan stress. Jalani hidup sesuai usaha yang kamu jalani, kenali dirimu dan ketahuilah batasanmu. Hidup harus realistis

Berikan pujian kepada diri sendiri

Berikan pujian kepada diri sendiri merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada diri sendiri. Hal ini merupakan hal yang penting karena dapat menjaga Kesehatan mental kamu

Terbuka kepada orang yang kamu percaya

Cerita dan terbuka kepada orang yang kamu percaya, agar kamu dapat sedikit melepaskan keluh kesahmu. Namun harus pintar memilih teman ya, jangan sampai orang tersebut malah menusuk dari belakang.

Hidup sehat

Istirahat yang cukup, makan yang bergizi dan olahraga teratur dapat menjaga suasana hati agar tidak mengalami stres dan emosi.

Doa

Berdoa dan serahkan semua kepada Tuhan. Selama kita sudah mengusahakan yang terbaik, pasti Tuhan akan menolong.

Nah, gimana nih #LIKMILeaders? Semoga dapat membantu kamuy a. Apabila kamu mengalami ciri-ciri Kesehatan mental yang terganggu, segera hubungi bantuan profesional kesehatan mental seperti psikiater, psikolog, hingga konsultan jiwa lainnya.