fbpx
Select Page

Analis SWOT biasanya digunakan oleh perusahaan untuk menilai bagaimana kekuatan dan kelemahan perusahaan. Sebelumnya, apakah itu analisis SWOT?

Analisis SWOT merupakan cara untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pada suatu bisnis. Analisis ini banyak digunakan bahkan dari bisnis kecil hingga perusahaan besar. Cara ini termasuk cara yang sederhana namun ampuh untuk membantu menemukan peluang kompetitif untuk peningkatan perusahaan. SWOT merupakan singkatan dari strengths (kekuatan)weaknesses (kelemahan)opportunities (peluang), dan threats (ancaman). Semua faktor tersebut akan diperiksa agar kedepannya perusahaan dapat membuat perencanaan yang cocok agar pertumbuhan perusahaan berjalan dengan baik. Mari kita bahas satu per satu

Strengths (kekuatan)

Menilai bagaimana kekuatan atau kelebihan yang dimiliki perusahaan. Dengan ini akan membantu untuk menemukan seberapa berhasil perusahaan sendiri dan dengan ini akan lebih mudah untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja tim. Contoh pertanyaan untuk memulainya adalah Apa tim sudah melakukan kinerja dengan baik?,  Apa yang unik dari perusahaan ?, Apa yang disukai customer tentang organisasi kita?

Weaknesses (kelemahan)

Menganalisis kelemahan perusahaan dan hal apa saja yang kinerjanya buruk. Kelemahan terkadang dapat menghambat berjalannya suatu perusahaan apabila tidak ada tindakan untuk merubahnya. Oleh karena itu, analisis kelemahan ini penting karena akan digunakan untuk mencari solusi atas permasalahannya. Contoh pertanyaan untuk memulainya adalah tim mana yang kinerjanya agak kurang memuaskan dan alasannya apa?, Apakah yang bisa diperbaiki?, Hal apa saja yang dapat dikritik oleh customer, dan Apakah ada hal atau sumber daya yang harus ditingkatkan?

Opportunities (peluang)

Setelah menganalisis kekuatan dan kelemahan, lalu dilihat dari faktor eksternal yaitu peluang karena dari hasil ini kita dapat mengetahui apakah kita bisa memanfaatkan peluang yang ada untuk pengembangan produk dan persaingan di pasar. Contoh pertanyaan untuk memulainya adalah apa hal atau sumber daya apa yang dapat kita manfaatkan untuk pengembangan produk?, Apakah yang dibutuhkan masyarakat dan berhubungan dengan perusahaan kita?, Apa tujuan atau gol kita tahun ini? dan Apakah ada ide baru untuk mengembangkan bisnis?

Threats (ancaman)

Ancaman merupakan salah satu faktor eksternal yang menjelaskan apakah ada hal resiko buruk yang mungkin terjadi.  Apabila kita melakukan analisis ini maka perusahaan dapat berantisipasi dan merencanakan solusi untuk menghadapinya sehingga meminimalisir resiko. Contoh pertanyaan untuk memulainya adalah Apa saja perubahan luar yang dapat berpengaruh pada perusahaan?, Apakah ada pesaing dan apa produk keunggulannya?, Apakah ada tren yang muncul?, Apa ada produk perusahaan yang menurun?, Apa yang dapat membuat customer bosan?

Kesimpulannya, analisis ini masih sangat relevan dan berguna pada saat ini karena dari hasil analisisnya masih membuat perusahaan dapat berkembang dengan baik. Analisis ini akan sangat membantu untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman untuk bisnis secara keseluruhan. Hasil analisis ini sangat membantu tim untuk membuat perencanaan strategis dan tetap bertahan pada bisnis sehingga bisnis dapat maju. Ingin belajar bisnis lebih lanjut? Daftarkan diri kamu ke STMIK LIKMI