fbpx
Select Page

Strategi marketing adalah sebuah usaha untuk menjual barang/ jasa dengan cara tertentu untuk meningkatkan penjualan dan juga agar banyak dikenal dan dibeli oleh masyarakat. Tujuan dari strategi marketing lainnya adalah sebagai salah satu bahan untuk menjadi tolak ukur hasil pemasaran dari terbagai cara yang diterapkan. Cara marketing yang baik dan tepat dilakukan dapat mempertahankan pelanggan serta meningkatkan penjualan. Selain itu, beberapa cara marketing yang baik dan tepat untuk diterapkan di bisnis antara lain:

#A Mengetahui Target Pasar: Target pasar harus dikuasai terlebih dahulu karena apabila target pasar tepat dan spesifik maka dapat meningkatkan penjualan.

#B Pasarkan di Media Sosial: Media sosial dapat menjangkau calon pembeli dengan lebih luas, selain itu biayanya terjangkau dan berpeluang lebih besar untuk meningkatkan penjualan.

#C Memberi Diskon: Memberikan diskon dapat menarik konsumen untuk membeli produk kembali, selain itu diskon khusus akan menjaring calon konsumen untuk membeli produk.

#D Teknik mulut ke mulut: teknik ini masih sangat bermanfaat dan dibutuhkan agar produk dapat dikenal oleh masyarakat dan menjaring calon konsumen baru.

#E Tetapkan Harga yang menarik : Sesuaikan kualitas bisnis dengan harga penjualan agar konsumen tertarik untuk membeli, selain itu beberapa harga dapat menggunakan trik psikologi marketing

Selanjutnya akan dibahas mengenai trik Psikologi Marketing. Psikologi marketing merupakan salah cara marketing untuk menawarkan barang/ jasa dengan memberikan efek psikologis kedalamnya dan sebagian besar dapat mempengaruhi pikiran calon konsumen untuk membelinya. Psikologi marketing dapat meningkatkan penjualan dalam berbisnis, berikut ini adalah beberapa cara bagaimana trik psikologi marketing yang bisa digunakan antara lain:

1. Tampilkan Angka 9 Pada Harga Penjualan

Hal ini disebut dengan charm price, dimana dua harga yang sama dapat kelihatan sangat berbeda dan menarik minat pembeli contohnya barang/ jasa dengan harga 19.999 banyak dibeli oleh konsumen dibandingkan dengan harga 20.000 padahal sama saja.

2. Perbandingan antara Harga Awal dengan Harga Diskon

Menurut pembeli, diskon akan selalu terlihat menarik dan apabila harga aslinya dicantumkan dengan harga diskonnya maka pembeli akan semakin tertarik dan membeli barang/ jasa tersebut.

3. Menyediakan tiga pilihan harga

Hal ini disebut Decoy price, dimana pembeli akan membeli barang/ jasa yang lebih mahal

4. Diskon untuk pembeli tertentu

Diskon diberikan kepada konsumen potensial yang didapatkan dari data atau riset pembeli untuk mengetahui pembeli mana yang lebih efektif diberikan diskon.

5. Berikan kesan langka pada barang/ jasa

Salah satu penerapan ilmu psikologi marketing adalah penggunaan kesan langka pada barang/ jasa yang akan dijual. Biasanya pembeli akan langsung membeli apabila stock sudah sedikit.

6. Meluncurkan Produk Baru Secara Berkala

Dalam penelitian dari University College London mengungkapkan bahwa seseorang merasa mendapatkan hadiah ketika menemukan hal baru dan terjadi pada bentuk informasi maupun hal lain seperti produk yang dibeli. Hal ini dapat menjadi trik psikologi marketing untuk meluncurkan produk baru.

7. Meluncurkan Produk Eksklusif

Hal ini disebut trik psikologi marketing limited edition karena produk eksklusif akan menarik minat pembeli untuk membelinya karena stok terbatas

8. Memberi Pelanggan Produk Gratis

Apabila pembeli mendapatkan produk gratis dari penjual, maka pembeli akan senang dan biasanya akan membalas hal tersebut, fenomena di atas disebut dengan reciprocity dan nantinya pembeli biasanya akan membeli ulang produk penjual.

9. Fenomena Social Proof

Social Proof merupakan fenomena psikologis dimana pembeli akan membeli barang/ jasa karena pengalaman baik dari pembeli lainnya.