Microsoft Excel merupakan salah satu program yang sangat berperan penting dan berguna dari masa ke masa. Sebagaimana kita ketahui, program ini sudah mulai kita pelajari sejak duduk di bangku sekolah dan terpakai hingga di dunia kerja. Walaupun sudah sering dipergunakan, terkadang kita belum terlalu kenal dengan Microsoft Excel ini. Mari kita memulai lagi mengenal dan mengetahui bagian-bagiannya agar kita semakin memahami program ini.
Microsoft excel merupakan suatu program perangkat lunak yang dipergunakan untuk pengolahan data angka yang biasanya digunakan pada beberapa seperti akuntansi, perbankan, administrasi, dan lainnya. Perubahan Microsoft office Excel sejak versi 2007 terdapat berapa banyak perubahan namun pada versi 2010 ke atas perubahan hanya terjadi sedikit-sedikit saja. Kali ini akan membahas tampilan dan bagian-bagian pada Microsoft Excel beserta fungsinya.
Quick Access Toolbar
Merupakan sebuah toolbar yang fungsinya untuk mengakses atau melakukan perintah yang sering dipergunakan pada Microsoft sehingga lebih mudah dan lebih cepat yang terdiri dari Save (menyimpan file), Undo (membatalkan perintah terakhir), dan Redo (mengulang kembali perintah yang telah dibatalkan).
Ribbon
Merupakan kumpulan menu beserta tombol perintah yang ada di dalamnya yang terdiri dari Tab Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review, View yang berguna untuk mempercepat serta mempermudah pemakai excel untuk menggunakan menu yang penting dan sering digunakan.
Title Bar
Merupakan suatu bar yang menginformasikan nama dokumen pada microsoft excel, awalnya akan otomatis muncul dengan nama “Book1 – Excel”.
Window Options
Merupakan sebuah tab standar yang ada pada program seperti microsoft excel yang berfungsi untuk mengatur tampilan program seperti memperkecil (Minimize), memperbesar (Maximize) jendela hingga menutup program (Close).
Formula Bar (Bar Formula)
Merupakan bagian untuk menuliskan atau menyisipkan rumus maupun fungsi yang akan dipergunakan.
Workbook (Lembar Kerja)
Merupakan wilayah atau area untuk membuat dan mengedit suatu dokumen excel.
View Mode
Merupakan tab untuk mengatur mode tampilan dokumen atau lembar kerja pada microsoft excel yang terdiri atas 3 mode: Normal (tampilan biasa) Page Layout (tampilan tiap halaman), dan Page Break Preview (Tampilan fokus area mana saja yang akan muncul ketika di print biasanya dibagi menjadi berapa lembar)
Setelah mengetahui beberapa tampilan umum pada excel, berikut merupakan beberapa shortcut yang paling sering digunakan dan dapat mempermudah kamu saat mengerjakan sesuatu pada Microsoft Excel
Ctrl + A : Memilih data atau block semua kolom
Ctrl + B : Menebalkan text (tebal/bold)
Ctrl + C : Menyalin atau copy data secara langsung
Ctrl + D : Menampilkan data yang sama di atasnya
Ctrl + F : Melakukan pencarian data
Ctrl + G : Menampilkan kotak dialog lembaran yang lain
Ctrl + H : Mengganti text atau memunculkan kotak Find and Replace
Ctrl + I : Memiringkan text secara langsung
Ctrl + O : Membuka data excel di dokumen
Ctrl + P : Mencetak atau print/ print preview
Ctrl + R : Mengulang kembali data yang di undo
Ctrl + S : Menyimpan data secara langsung
Ctrl + U : Membuat garis bawah pada text
Ctrl + V : Paste data secara langsung
Ctrl + X : Cut data dan bisa langsung di pastekan lagi
Ctrl + Z : Undo data secara langsung
Sangat membantu kamu saat mengerjakan tugas pada program excel kan #LIKMILeaders.
Ingin mahir dalam program Microsoft Excel?
STMIK LIKMI juga mempunyai program kursus singkat untuk program Microsoft loh. Untuk informasi selengkapnya hubungi Admin pada 0817219966.