fbpx
Select Page

Untu kamu anak Teknik Informatika mungkin bercita-cita menjadi Full Stack Developer. Namun terkadang masih bingung apa sih itu? tugasnya apa? dan mungkin orang awam yang masih tidak mengetahui apa itu Full Stack Developer, harus banget membaca artikel ini. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas Full Stack Developer dimulai dari pengertiannya, tugasnya apa saja dan skill apa sih yang harus dimiliki seorang Full Stack Developer.

Full Stack Developer merupakan sebuah pekerjaan atau profesi yang berhubungan dengan website dan aplikasi yang biasanya memiliki tugas sebagai Front End dan Back End Developer. Ini menjadi salah satu poin plus dari Full Stack Developer karena apabila menjadi Full Stack Developer kamu dapat menjalankan dua profesi sekaligus.

Apa saja tugas Full Stack Developer?

Full Stack Developer akan menjalankan tugas sebagai Front End Developer dan Back End Developer. Tugas dari seorang Front End Developer yaitu mengerjakan segala sesuatu pada website atau aplikasi yang akan terlihat oleh pengguna, sehingga seorang front end developer harus memahami bagaimana User Interface (UI), User Experience (UX), HTML dan bahasa pemrograman. Sedangkan tugas dari seorang Back End Developer adalah mengerjakan segala sesuatu pada website atau aplikasi yang ada didalam website, dalam kata lain “di belakang layar” yang tidak dapat dilihat oleh pengguna. Oleh karena itu, seorang back end developer harus memahami mengenai database, server, keamanan website dan bahasa pemrograman khusus. Tugas-tugas kedua profesi itu dapat dikerjakan oleh Full Stack Developer dan biasanya juga dapat mengembangkan aplikasi, debugging, troubleshooting, bahkan membuat fitur-fitur baru. Dengan tugas dan keahlian tersebut, perkiraan gaji seorang yang bekerja di bidang Full Stack Developer dapat mendapatkan gaji di atas 2 digit yaitu berkisar antara Rp. 11.000.000 – Rp. 25.000.000 bergantung pada pengalaman seorang yang bekerja di bidang tersebut.

Keahlian atau skill apa saja sih yang harus dimiliki seorang Full Stack Developer?

# Kemampuan Hard Skills Teknik Informatika

Langkah pertama yang paling mendasar untuk menjadi seorang Full Stack Developer adalah menguasai ilmu yang dipelajari pada bidang Teknik Informatika seperti menguasai HTML dan CSS, Javascript, bahasa pemograman seperti PHP, Ruby, Python, memahami kinerja database dan web storage serta yang lainnya seperti yang diajarkan pada Program Teknik Informatika di STMIK LIKMI.

# Komunikasi

Kemampuan berkomunikasi yang baik tentu akan menjadi poin plus pada semua jenis pekerjaan termasuk Full Stack Developer. Dengan berkomunikasi, seorang Full Stack Developer dapat lebih mudah menjelaskan dan memberitahukan bagaimana suatu perkembangan proyek yang sedang dikerjakan apalagi yang akan dijelaskan mungkin seseorang yang tidak mengerti dengan istilah yang ada pada teknik informatika

# Dapat Berpikir Kritis

Seorang Full Stack Developer harus dapat berpikir kritis dan dapat mengambil keputusan untuk mempermudah dan dapat memilih mana keputusan yang tepat dan baik agar tidak terjadi kesalahan-kesalahan dalam membangun sebuah pekerjaan

# Kerjasama Tim

Kerjasama tim yang baik juga dapat menunjang seorang Full Stack Developer dalam menjalankan sebuah pekerjaan untuk mendapatkan hasil yang baik dan maksimal apalagi pada akhirnya sebuah hasil pekerjaan akan berhubungan dengan pekerjaan lainnya

# Mengikuti Tren Teknologi

Karena profesi Full Stack Developer ini sangat berhubungan dengan teknologi maka diharuskan untuk selalu update dengan perkembangan teknologi terbaru agar dapat membuat inovasi-inovasi maupun perubahan yang lebih up to date seiring perkembangan teknologi.

Kita sudah membahas mengenai Full Stack Developer, bagaimana tugasnya, gaji hingga skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Full Stack Developer. Apakah kamu tertarik untuk melanjutkan karir ke Full Stack Developer? Daftarkan diri kamu ke Program S1 Teknik Informatika STMIK LIKMI!