fbpx
Select Page

Selamat apabila kamu terpilih untuk melakukan Interview!

Interview merupakan salah satu tahapan seleksi kerja yang sangat penting dan merupakan selangkah lebih dekat untuk mendapatkan pekerjaan. Pada kesempatan ini, calon karyawan dapat mempromosikan diri kepada HR perusahaan melalui wawancara. Dikutip dari skillacademy, berdasarkan penelitian Job Description Library terdapat 50% calon karyawan ditolak pada saat interview. Oleh karena itu, calon karyawan harus mempersiapkan diri untuk menghadapi tahap interview.

Pertanyaan saat interview biasanya diberikan oleh HR, namun kamu harus berhati-hati dalam menjawab pertanyaan karena beberapa HR perusahaan biasanya memberikan pertanyaan jebakan. Namun tidak perlu khawatir apabila calon karyawan serius dan mempelajari beberapa pertanyaan tersebut maka akan lancar dalam tahap ini. Berikut beberapa pertanyaan umum yang biasanya diberikan para HR:

#1 Coba ceritakan diri anda?

Pertanyaan ini biasanya ditanyakan dalam tahap interview yang bertujuan untuk memperkenalkan diri, jelaskan siapa kamu dan alasan terbaik kamu kenapa melamar di perusahaan tersebut

#2 Bagaimana kamu tahu mengenai lowongan pekerjaan ini?

HR biasanya menanyakan hal ini untuk melihat bagaimana calon karyawannya mencari informasi, membangun koneksi dan melihat ketertarikan pada perusahaan.

#3 Apa kelebihan kamu?

Pertanyaan ini rata-rata diberikan oleh para HR. HR ingin mencari tahu apa kelebihan calon karyawan pada posisi yang dilamar. Cari tahu skill apa yang dibuthkan perusahaan lalu kaitkan dengan kelebihan yang kamu punya.

#4 Kenapa kamu melamar pada posisi ini?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu harus menyebutkan skill yang kamu miliki terhadap posisi yang dilamar agar HR dapat melihat seberapa cocok calon karyawannya untuk posisi tersebut.

#5 Apa yang kamu tahu tentang perusahaan ini?

HR ingin mengetahui seberapa jauh calon karyawan mengenal perusahaannya. Cari tahu tentang profil, budaya, konten dan hal lainnya dan berikan hal-hal positif sebagai jawabanmu.

#6 Apa motivasi kamu bekerja pada perusahaan ini?

Jawab pertanyaan ini sesuai dengan skill yang kamu miliki dan tunjukan ketertarikan kamu pada posisi yang dilamar.

#7 Kenapa kami harus menerima anda menjadi karyawan di perusahaan ini?

Jawab pertanyaan ini tanpa mengatakan sesuatu yang personal dan meminta belas kasihan. Jawab dengan penjelasan mengenai professional skills atau personal qualities agar membuat kamu terlihat lebih unggul dibanding calon karyawan lain.

Nah itu dia beberapa pertanyaan yang biasanya diberikan oleh HR. Lalu bagaimana cara merebut hati HR pada saat interview?

Simak pembahasannya pada sesi LIKMI Talk! tanggal 14 September 2022 pukul 15.00 dengan bintang tamu Ibu Christina Maddalena Br Sijabat, S.E. (Human Capital Recruitment dari PT Dialogue Group) secara live pada instagram. Disana kita akan mengupas tuntas semua hal mengenai interview.

Saat interview kerja, bukan hanya kamu yang dinilai oleh HR tapi kamu juga dapat mengetahui sedikit mengenai budaya perusahaan kamu nantinya. Datang tepat waktu, jaga attitude, bicara dengan sopan, dan berikan kesan yang baik. Good Luck!