CRM marupakan singkatan dari Customer Relationship Management yaitu strategi bisnis mengkombinasikan proses, manusia dan teknologi. CRM juga digambarkan sebagai suatu strategi pemasaran bisnis dalam hal mengelola hubungan antara perusahaan dan pelanggan. Tujuan utama penggunaan CRM ini adalah membangun komunikasi dan hubungan baik dengan pelanggan. Dikutip dari Findstack, sekitar 92% perusahaan menggunakan database untuk menyimpan informasi pelanggan dan berhasil mengumpulkan data pelanggan dengan jumlah yang banyak. Apabila CRM diterapkan pada bisnis maka loyalitas pelanggan akan meningkat, operasional perusahaan menjadi efisien, serta dapat menjaring pelanggan-pelanggan baru yang potensial sehingga pebisnis dapat mengembangkan usaha. Keuntungan CRM bagi perusahaan adalah sebagai berikut:
♦ Dapat meningkatkan hubungan pelanggan dan perusahaan
♦ Membantu mengawasi kinerja penjualan
♦ Menyederhanakan proses penjualan
♦ Membantu mengurangi penggunaan spreadsheet
♦ Mempermudah pengelolaan perusahaan
♦ Meningkatkan kinerja perusahaan
Ingin memperlajari mengenai CRM lebih lanjut, daftarkan diri kamu di Program S1 Creative Digital Business. Kurikulum STMIK LIKMI mempelajari CRM serta mempelajari ilmu-ilmu bisnis lainnya yang dapat membantu memanajemen bisnis maupun perancangan bisnis sendiri. Kurikulum di STMIK LIKMI juga up to date sehingga pelajaran yang akan didapatkan sesuai dengan perkembangan teknologi.