fbpx
Select Page

KOMPAS.com – Buat anak-anak yang sedang duduk di bangku kelas 12 mungkin saat ini sedang memilih-milih untuk melanjutkan Pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, apakah di akademi, politeknik, institut, sekolah tinggi atau universitas? Mari simak pembahasan berikut ini agar kalian dapat mengetahui apa sih yang membedakan hal tersebut.

Akademi menyediakan pendidikan vokasi (diploma) dalam satu atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni tertentu contohnya akademi keperawatan, Politeknik menyediakan pendidikan vokasi (diploma) dalam sejumlah bidang pengetahuan yang lebih khusus contohnya politeknik Kesehatan didalamnya ada kebidanan dan keperawatan, Sekolah tinggi menyediakan pendidikan akademik dan vokasi (diploma) dalam lingkup satu disiplin ilmu tertentu contohnya STMIK LIKMI, Institut menyediakan pendidikan akademik atau pendidikan vokasi (diploma) dalam sekelompok disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni, Universitas menyediakan pendidikan akademik dan pendidikan vokasi (diploma) dalam sejumlah ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sumber: https://www.kompas.com/edu/read/2021/06/08/165927971/ini-beda-akademi-politeknik-sekolah-tinggi-institut-dan-universitas