fbpx
Select Page

Psikologi marketing dapat meningkatkan penjualan dalam berbisnis, berikut ini adalah beberapa cara bagaimana trik psikologi marketing yang bisa digunakan antara lain:
1. Tampilkan Angka 9 Pada Harga Produk
Hal ini disebut dengan charm price, dimana dua harga yang sama dapat kelihatan sangat berbeda dan menarik minat pembeli contohnya produk dengan harga 19.999 banyak dibeli oleh konsumen dibandingkan dengan harga 20.000 padahal sama saja.
2. Perbandingan antara Harga Awal dengan Harga Diskon
Menurut pembeli, diskon akan selalu terlihat menarik dan apabila harga aslinya dicantumkan dengan harga diskonnya maka pembeli akan semakin tertarik dan membeli produk tersebut.
3. Menyediakan tiga pilihan harga
Hal ini disebut Decoy price, dimana pembeli akan membeli produk yang lebih mahal
4. Diskon untuk pembeli tertentu
Diskon diberikan kepada konsumen potensial yang didapatkan dari data atau riset pembeli untuk mengetahui pembeli mana yang lebih efektif diberikan diskon.
5. Berikan kesan langka pada produk anda
salah satu penerapan ilmu psikologi marketing adalah penggunaan kesan langka pada produk yang akan dijual. Biasanya pembeli akan langsung membeli apabila stock barang tersebut sudah sedikit.
6. Meluncurkan Produk Baru Secara Berkala
Dalam penelitian dari University College London mengungkapkan bahwa seseorang merasa mendapatkan hadiah ketika menemukan hal baru dan terjadi pada bentuk informasi maupun hal lain seperti produk yang dibeli. Hal ini dapat menjadi trik psikologi marketing untuk meluncurkan produk baru.
7. Meluncurkan Produk Eksklusif
Hal ini disebut trik psikologi marketing limited edition karena produk eksklusif akan menarik minat pembeli untuk membelinya karena stok terbatas
8. Memberi Pelanggan Produk Gratis
Apabila pembeli mendapatkan produk gratis dari penjual, maka pembeli akan senang dan biasanya akan membalas hal tersebut, fenomena di atas disebut dengan reciprocity dan nantinya pembeli biasanya akan membeli ulang produk penjual.
9. Fenomena Social Proof
Social Proof merupakan fenomena psikologis dimana pembeli akan membeli produk karena pengalaman baik dari pembeli lainnya.

Sumber: https://www.niagahoster.co.id/blog/ilmu-marketing/