fbpx
Select Page

Di tengah pandemi covid seperti ini, kita harus menjaga imun kita agar tidak mudah terserang penyakit. Cara meningkatkan imun adalah dengan beristirahat yang cukup, berolahraga, makan makanan yang berigizi, minum air putih, minum tambahan suplemen atau vitamin serta jangan stress. Namun tanpa kita sadari ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat imun turun loh, berikut penjelasannya.

  1. Begadang atau Kurang Tidur

Saat tidur, tubuh melepaskan hormone sitokin yang membantu kekebalan tubuh dan apabila kamu begadang hingga kurang tidur maka sistem imun kamu akan menurun

  1. Stress dan Banyak Pikiran

Stres yang sudah berlebihan dapat membuat tubuh letih dan akhirnya melemahkan penyediaan hormon adrenalin sehingga menurunkan sistem imun 

  1. Jarang Makan Buah dan Sayur

Walaupun kamu makan dengan porsi banyak namun jarang memakan buah dan sayur itu tidak akan membantumu meningkatkan sistem imun. Asupan antara makanan, buah dan sayur harus seimbang karena buah dan sayur mengandung banyak vitamin yang akan membantu meningkatkan sistem imun.

  1. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Lemak

Mengkonsumsi lemak yang berlebihan terbukti dapat menurunkan sistem imun dan mengurangi kemampuan sel darah putih dalam menghancurkan bibit penyakit. Lemak yang berlebihan bisa menimbulkan risiko berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes, kanker, darah tinggi dan sebagainya.

  1. Merokok dan Minum Minuman Beralkohol 

Merokok dan minum minuman beralkohol sebaiknya dihindari karena dapat menurunkan sistem imun. Rokok mengandung zat-zat kimia berbahaya yang bisa menyebabkan kanker, juga akan masuk ke dalam aliran darah untuk mencapai organ-organ yang ada di tubuh, dan merusak respons imun yang ada.