fbpx
Select Page

Di saat pandemi seperti ini, mahasiswa melakukan perkuliahan online atau belajar dari rumah. Yang harus diperhatikan adalah kecepatan internetnya agar tidak lemot atau ngelag. Agar kita dapat mengetahui seberapa lancar koneksi internet yang sedang dipakai, kita bisa cek kecepatan internet melalui lima website berikut ini

  1. Speedtest.net

Situs ini berguna untuk mengecek kecepatan koneksi internet yang dikembangkan Ookla asal Montana, Amerika Serikat. Cara menggunakan speedtest, Anda tinggal akses link https://www.speedtest.net/ atau buka aplikasinya melalui ponsel, kemudian klik ‘GO’ yang berada di bagian tengah layer lalu tunggu beberapa saat, sampai seluruh hasil kecepatan internet selesai dicek.

  1. Fast.com

Situs Fast.com diluncurkan oleh Netflix, cara menggunakannya cukup klik https://fast.com/id/ dan biarkan sistem mereka berjalan sendiri menghitung kecepatan internet, tanpa harus menekan tombol apa pun. Lalu hasilnya akan ditampilkan tepat di bagian tengah layar, beserta tulisan angka besar dengan satuan megabits per second (Mbps).

  1. Meter.net

Situs website Meter.net, hampir mirip dengan speedtest, proses cek koneksi internet melalui Meter.net berlangsung sekitar 30 detik dan pengguna tinggal masuk ke situs https://www.meter.net/, kemudian klik ‘START’ lalu sistemnya akan memproses dan melakukan pengecekan, kemudian akan muncul hasilnya.

  1. Bandwidth Place

Situsnya pada  https://www.bandwidthplace.com/, kemudian klik ‘START’ pada logo berwarna oranye dan biarkan beberapa detik untuk mengetahui hasilnya.

  1. Speed Smart

Situs ini diakses gratis ke situs https://speedsmart.net/, dan menyediakan juga versi aplikasi yang bisa diunduh di perangkat iOS dan Android. Masuk ke laman akses atau buka aplikasi di ponsel dan klik ‘START SPEEDTEST’.