fbpx
Select Page

Merger merupakan kesepakatan antara dua atau lebih perusahaan untuk bersatu menjadi suatu bisnis yang baru. Tujuannya agar meningkatkan nilai bisnis yang baru dibentuk setelah penggabungan dilakukan. Merger ini dilakukan juga oleh Indosat Ooredoo (PT Indosat Tbk) dan Tri (PT Hutchison 3 Indonesia/H3I). Dalam pengumuman resmi yang diterima KompasTekno pada tanggal 16 September 2021, perusahaan gabungan ini bernama “Indosat Ooredoo Hutchison” (PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk).

Apabila semua persetujuan berhasil didapatkan, penggabungan Indosat dan Tri diperkirakan akan selesai pada akhir tahun 2021 dan diklaim menjadi perusahaan telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia. Tujuan dari merger Indosat Ooredoo dan Tri untuk menciptakan sebuah perusahaan telekomunikasi digital dan internet yang lebih besar dan lebih kuat secara komersial. Dan diharapkan dapat memberikan nilai plus kepada semua pemegang saham, pelanggan, dan masyarakat Indonesia. Dari merger dari Indosat dan Tri, CK Hutchison akan menerima saham baru di Indosat Ooredoo kurang lebih 21,8 persen dari Indosat Ooredoo Hutchison dan perusahaan gabungan ini akan tetap terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Pimpinan setelah merger akan dikendalikan secara bersama-sama oleh Ooredoo Group (induk Indosat) dan CK Hutchison (induk Tri) dan akan menominasikan Vikram Sinha sebagai CEO dan Nicky Lee sebagai CFO Indosat Ooredoo Hutchison. Jika merger ini lancar dan disetujui, Ahmad Al-Neama dan Cliff Woo akan duduk di Dewan Komisaris perusahaan gabungan.