fbpx
Select Page

Disaat pandemi seperti ini, handphone merupakan salah satu barang yang paling sering digunakan untuk beraktivitas seperti kuliah online, rapat online maupun belanja online. Terkadang saat melakukan aktivitas tiba-tiba handphone suka nge-hang atau lemot, hal tersebut adalah hal yang paling mengganggu. Memang seiring berjalannya waktu, handphone perlahan mulai lambat dan tidak responsif. Hal tersebut merupakan hal yang wajar apalagi untuk handphone yang sudah lebih dari 2 tahun. Oleh karena itu, pengguna handphone disarankan untuk merawat handphonenya dan menghindari beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak dan membuat handphone lemot.

Berikut beberapa kebiasaan buruk yang dapat membuat handphone kamu lemot dan rusak

Sering Digunakan Hingga Baterai Habis

Baterai yang digunakan hingga habis akan membuat kualitas baterai semakin lama semakin buruk. Kondisi baterai yang semakin buruk ini ternyata dapat memengaruhi proses operasi program handphone dan komponen memori secara keseluruhan.

Menginstal terlalu banyak aplikasi

Faktor yang membuat Handphone lemot dapat disebabkan karena menginstal terlalu banyak aplikasi. Untuk menjalankan aplikasi, diperlukan RAM dan penyimpanan yang dapat membuat kinerja handphone menjadi berat. Batasi jumlah aplikasi atau menghapus beberapa aplikasi di handphone kamu yang tidak digunakan.

Memori Penuh

Penyimpanan Handphone yang penuh dapat mempengaruhi kinerja Handphone, pindahkan secara rutin file seperti video, foto dan data lainnya agar Handphone tidak lemot

Jarang Me-restart Handphone 

Meskipun tidak me-restart HP secara berkala bukan jadi faktor terbesar yang membuat Handphone menjadi lemot, namun tetap harus diperhatikan. Me-restart sama dengan “refreshing” untuk Handphone agar Handphone tidak merasa capek dan membuat handphone lemot.