fbpx
Select Page

Whatsapp merupakan aplikasi untuk smartphone yang memungkinkan kita mengirim pesan, melakukan panggilan telepon, serta mengirim foto serta dokumen. Aplikasi ini semakin populer dan rata-rata saat ini semua orang menggunakan Whatsapp. Pengguna disarankan untuk tetap waspada dalam penggunaan aplikasi ini karena akhir-akhir ini marak pengguna yang terkena hack pada akun Whatsappnya. Bagaimana cara menghindari hal ini?

Tidak usah khawatir dan panik, dikutip dari kompas.com ada beberapa cara untuk membantu pengguna untuk menjaga akun Whatsapp, yaitu:

Verifikasi Dua Langkah

Salah satu fitur untuk menjaga keamanan pada Whatsapp yaitu dengan verifikasi dua langkah. Dengan mengaktifkan ini, kamu diharuskan untuk memasukan kode keamanan sebelum masuk pada akun Whatsapp. Kode keamanan dikirimkan melalui SMS atau telepon. Cara mengaktifkannya dengan masuk ke menu “pengaturan” klik “akun” lalu klik “verifikasi dua langkah atau two-step verification”.

Verifikasi sidik jari atau wajah

Sebelum masuk ke aplikasi Whatsapp coba gunakan verifikasi sidik jari atau wajah. Hal ini dapat membantu agar akun Whatsapp kamu tidak di hack orang lain. Cara mengaktifkan pada android yaitu masuk ke “pengaturan/setting” klik “akun/account” lalu klik “privasi” dan terakhir klik “kunci sidik jari”. Sedangkan pada iOS, masuk ke menu “pengaturan” klik ‘“akun” lalu klik “privasi” dan terakhir klik “kunci layar”.

Arsipkan Chat Penting

Untuk menjaga keamanan dan privasi kamu, kamu dapat menyembunyikan chat atau pesan yang penting agar tidak ada orang lain yang melihat obrolan kamu. Caranya dengan tekan chat yang akan kamu sembunyikan, tekan lebih lama lalu pilih ikon pada kanan atas berupa kotak dengan gambar panah bawah yaitu “Arsip/Archive” lalu chat akan otomatis pindah ke folder.

Hapus Chat

Hapus chat atau pesan yang sudah lama dan tidak dibutuhkan dapat membantu kamu menjaga akun Whatsapp. Menghapus pesan dapat mencegah orang lain untuk membacanya apabila berhasil menghack akun WhatsApp.