fbpx
Select Page

Sakit kepala terkadang sangat mengganggu kita dalam beraktivitas. Sakit kepala dapat disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit contohnya kurang tidur, stres, suara bising, atau menggunakan kacamata yang tidak sesuai dengan minus mata. Sakit kepala biasanya dialami orang baik anak-anak maupun dewasa. Namun jangan terlalu meremehkan sakit kepala karena ada beberapa jenis sakit kepala yang harus diwaspadai dan membuat sakit kepala tidak kunjung membaik.

Dikutip dari Healthline, ada beberapa jenis sakit kepala diantaranya:

♠ Tension headaches (Sakit kepala karena tegang)

Sakit kepala ini merupakan sakit kepala yang paling umum dan sering dirasakan pada Wanita di atas umur 20 tahun. Faktor penyebabnya adalah postur tubuh yang buruk dan stress.

♠ Migraine headaches (sakit kepala migrain)

Sakit kepala ini biasanya membuat rasa sakit yang berdenyut-denyut dan terjadi pada satu sisi kepala. Pada sakit kepala migrain ini dibagi menjadi beberapa jenis migrain yaitu kronis dan hemiplegia.

♠ Cluster headaches (Sakit kepala cluster)

Sakit kepala yang tidak berdenyut namun menyebabkan rasa sakit yang menyiksa dan membakar di salah satu sisi kepala atau di belakang mata. Biasanya sakit kepala ini menimbulkanpilek dan mata berair. Sakit kepala ini jarang terjadi dan apabila terjadi, umumnya menyerang pria berusia 20-40 tahun.

♠ Thunderclap headaches (Sakit kepala mendadak)

Sakit kepala ini biasanya datang mendadak, cepat dan sakit kepala parah tiba-tiba. Jenis sakit kepala ini memberi tanda masalah mendasar dengan pembuluh darah di otak dan harus berkonsultasi dengan dokter.

Dikutip dari health.harvard.edu, ada juga beberapa tanda sakit kepala yang harus diwaspadai, yaitu:

  • Sakit kepala yang parah dan luar biasa sakitnya
  • Sakit kepala yang bertambah ketika batuk atau bergerak
  • Sakit kepala yang disertai demam, leher kaku, penurunan kesadaran, atau gangguan penglihatan
  • Sakit kepala yang disertai dengan mata merah yang menyakitkan
  • Pusing yang disertai dengan rasa sakit di dekat pelipis

Apabila kamu mengalami gejala sakit kepala tersebut, sebaiknya kamu memeriksakan diri ke dokter ya temen-temen. Happy weekend!