fbpx
Select Page

Sudah makan tapi masih merasa lapar, apakah ada yang salah dengan tubuh? Penyebab merasa lapar walau sudah makan tidak selalu dikarenakan oleh penyakit tertentu, bisa saja disebabkan oleh gaya hidup. Dikutip dari Kompas.com, rasa lapar yang muncul dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu diet, hormon, dan gaya hidup. Mari kita lihat beberapa penyebab merasa lapar walau sudah makan.

#1 Terlalu banyak makan karbohidrat atau lemak

Makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak dapat membuat kita merasa lapar lebih cepat. Karbohidrat dapat membuat penurunan tekanan darah yang dapat mengakibatkan rasa lapar.

#2 Porsi makan terlalu sedikit

Porsi makan yang terlalu sedikit dapat membuat kita merasa lapar setelah makan. Apabila kamu ingin mengurangi porsi makan, perbanyak asupan protein dan sayuran agar tidak cepat merasa lapar.

#3 Kurang minum

Kurang minum dapat membuat kita merasa cepat lapar karena tubuh kekurangan cairan. Dikutip dari Kompas.com, beberapa penelitian menunjukkan minum sebelum makan dapat memberikan rasa kenyang yang lebih cepat.

#4 Kurang makan protein

Kurang makan protein dapat membuat kita merasa lapar lebih cepat karena protein merupakan zat yang dapat mengontrol nafsu makan dan dapat mengurangi hormon yang merangsang rasa lapar.

#5 Olahraga terlalu lama

Orang-orang yang menjalani olahraga yang sering dan durasinya lama akan membakar kalori yang banyak sehingga dapat menyebabkan tubuh merasa lapar karena membutuhkan tambahan asupan kalori.

#6 Kurang tidur

Kurang tidur dapat menyebabkan tubuh memproduksi hormon ghrelin yang memicu rasa lapar.

#7 Stres

Stres dan terlalu banyak pikiran dapat meningkatkan nafsu makan karena saat stres tubuh memproduksi hormon kortisol yang dapat memicu rasa lapar.

#8 Terlalu banyak asupan garam

Mengkonsumsi garam secara berlebih dapat meningkatkan nafsu makan. Normalnya mengkonsumsi garam kurang lebih satu sendok teh per harinya.

#9 Terlalu banyak konsumsi gula

Konsumsi gula yang berlebih dapat meningkatkan nafsu makan karena dapat meningkatkan produksi hormon ghrelin yang membuat perut terasa lapar.

#10 Tanda-tanda beberapa penyakit

Pada beberapa keadaan tertentu, kamu harus melalukan cek kesehatan karena sering merasa lapar walau sudah makan dapat menjadi sinyal adanya suatu penyakit atau kondisi medis tertentu seperti diabetes, tekanan darah rendah, gangguan tiroid, kehamilan dan sebagainya.