fbpx
Select Page

Saat menjadi mahasiswa baru, kita harus mampu untuk beradaptasi dan memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin. Banyak peluang dan kesempatan saat kamu berada di dunia perkuliahan. Namun mahasiswa baru mungkin pada tahun pertama masih merasa asing, malu dan belum familiar dengan berbagai hal di kampus. Bagaimana caranya agar mahasiswa baru dapat beradaptasi?

Berikut beberapa tips dan hal yang sebaiknya dilakukan saat menjadi mahasiswa baru

#1 Jangan bolos kuliah

Mahasiswa baru harus ingat jadwal perkuliahan karena tidak ada yang akan mengingatkan jadwal kuliah. Mahasiswa dituntut mandiri dan bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Kehadiran pada saat kuliah merupakan salah satu aspek penilaian pada mata kuliah, oleh karena itu jangan bolos apalagi titip absen.

#2 Cari teman sebanyak mungkin

Relasi dan pertemanan yang luas dan banyak sangat penting di dunia perkuliahan. Tentunya kamu harus mencari pertemanan yang mendukung kamu untuk maju dan berkembang. Jadilah pribadi yang ramah dan mudah bergaul.

#3 Bergabung dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) atau Senat Mahasiswa

Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan saat mengikuti UKM atau Senat mahasiswa. Selain memperluas pergaulan, mahasiswa baru dapat mengembangkan skill dan mendapatkan pengalaman baru.

#4 Jangan malu bertanya

Jangan pernah malu bertanya saat bingung mengenai dunia perkuliahan. Apabila kamu tidak paham dengan materi, bisa menanyakannya ke dosen atau teman yang mengerti. Dosen juga menyukai mahasiswa yang aktif bertanya dan mungkin beberapa dosen ada yang menjadikan pertanyaan sebagai poin plus saat di kelas.

#5 Percaya Diri

Mahasiswa baru harus percaya diri dan tunjukan kelebihan kamu. Harus berani dan jangan malu agar kamu bisa terus maju dan berkembang.

#6 Manajemen waktu

Mahasiswa baru harus pandai memanajemen waktu, urutkan kegiatanmu berdasarkan skala prioritas. Hal tersebut bertujuan agar kegiatan kamu lebih tertata dan tanggung jawab kamu terselesaikan semua.

Semoga artikel ini bermanfaat ya untuk #LIKMILeaders! Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya!