fbpx
Select Page

Flu rentan dialami seseorang disaat musim hujan seperti ini. Rasanya akan sangat mengganggu apalagi untuk mahasiswa yang sedang memasuki musim UTS seperti ini. Disaat musim hujan sebaiknya kita menjaga kesehatan tubuh agar tidak mengalami flu. Kurangnya sinar matahari menjadi penyebab asupan kadar vitamin D dalam tubuh berkurang. Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang berguna untuk menjaga sistem daya tahan tubuh. Lantas bagaimana cara kita mengatasinya apabila sudah terlanjur terkena flu?

Banyak minum air putih

Minum air putih saat flu akan membantu kita untuk meredakan flu karena dikutip dari Fimela.com, para ahli mengatakan air putih bermanfaat meningkatkan fungsi tubuh, menyalurkan nutrisi ke seluruh tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Beristirahat yang cukup

Dengan beristirahat dan tidur yang cukup dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang bisa melawan virus penyebab flu. Selain dapat membantu tubuh agar cepat sembuh, tetap beristirahat di rumah juga membantu mencegah penularan flu ke orang lain.

Makan sup atau makanan yang hangat dan bernutrisi

Meredakan flu dapat dibantu dengan cara mengkonsumsi makanan yang hangat seperti sup ayam. Dengan memakan makanan yang hangat dan bernutrisi, dapat membantu hidung yang tersumbat dan membantu mengisi kembali nutrisi yang hilang saat sakit.

Meminum susu atau makanan yang mengandung Zinc

Susu merupakan salah satu sumber zinc yang paling baik, Zinc berfungsi untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena Zinc membantu tubuh memproduksi sel darah putih untuk melawan virus. Selain susu, Zinc dapat didapatkan dari makanan seperti daging merah, kacang-kacangan, biji-bijian dan telur.

Minum minuman herbal

Minuman berbahan herbal memiliki sifat antivirus alami dan dapat membantu menenangkan tenggorokan. Bahan herbal yang bisa dikonsumsi adalah teh hijau atau hitam, kunyit, jahe atau cengkeh.

Kumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dapat membantu meredakan flu cukup dengan mencampurkan 1/2 sendok teh garam dengan 200 ml air hangat lalu kumur-kumur selama 10-30 detik. Hal ini karena air garam bisa membantu membersihkan rongga hidung dan tenggorokan dari berbagai kuman, virus, dan lendir.

Berikut beberapa cara redakan flu yang dapat kamu coba. Jika gejala tak berkurang, segera ke dokter untuk mehubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Stay Healthy #LIKMILeaders!