fbpx
Select Page

Microsoft Excel merupakan sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Corporation yang berfungsi untuk pengelolaan data. Software ini biasa dikenal juga sebagai MS. Excel atau Excel saja. Mengapa Excel merupakan salah satu yang sering dipakai di dunia kerja? Karena Excel merupakan salah satu tools yang sederhana dan ramah untuk pemula baik IT maupun Non IT. Excel biasanya digunakan untuk keperluan administrasi pada perusahaan sehingga para karyawan terbantu ketika harus mengelola sebuah data perusahaan. Excel juga dapat membantu untuk menghitung data dengan bantuan rumus-rumus yang tersedia didalamnya. Nah, rumus-rumus ini lah yang sering digunakan untuk membantu menghitung dan mengelola data-data yang rumit di dunia kerja.

Lalu, apa saja rumus yang biasanya digunakan dan sangat terpakai di dunia kerja?

#1 SUM

SUM merupakan salah satu rumus yang tidak asing dan sering digunakan dari saat kita duduk di bangku SMA. Rumus ini digunakan untuk melakukan penjumlahan data dengan cepat dan bisa dalam jumlah yang sangat banyak.

#2 AVERAGE

Apabila kamu ingin mencari rata-rata angka pada data kamu harus menggunakan rumus Average. Rumus rata-rata sendiri merupakan sebuah rumus yang digunakan untuk menghitung jumlah nilai sekelompok data di bagi dengan banyaknya data. Biasanya nilai ini digunakan untuk mendapatkan gambaran umum dari sebuah data.

#3 MAX DAN MIN

Rumus MAX dan MIN digunakan untuk mencari nilai tertinggi atau terendah di dalam deretan sel yang berisi angka.

#4 IF

Rumus ini digunakan untuk menganalisis suatu data apakah benar atau salah atau apakah data tersebut masuk ke kategori lulus atau tidak.

#5 PROPER

Rumus ini berguna untuk merubah huruf pertama pada sebuah kata. Misalnya data tersebut merupakan nama orang, negara atau daerah, dengan bantuan Proper maka dapat membantu untuk merubah huruf pertama menjadi huruf kapital.

#6 COUNT

Rumus Count digunakan untuk menghitung jumlah data yang ingin diketahui. Namun rumus ini dapat diturunkan menjadi rumus lain apabila terdapat kondisi yang ingin diketahui

  • Counta : Menghitung angka dan non angka yang ada dalam kumpulan sel
  • Countif : Menghitung jumlah data kategori tertentu dalam kumpulan sel
  • Countifs : Menghitung jumlah data kategori tertentu yang lebih dari satu dalam kumpulan sel

Nah sudah tahu kan mengapa Excel sering digunakan di dunia kerja dan sudah tahu juga kan beberapa rumus yang sering digunakan untuk bekerja. Rumus tersebut apabila kita pelajari dan paham maka akan sangat mudah dilakukan. Semoga informasi ini bermanfaat ya #LIKMILeaders!