fbpx
Select Page

Analisis SWOT adalah salah satu teknik perencanaan strategi yang bermanfaat untuk mengevaluasi kekuatan (strength) dan kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) pada suatu bisnis. Analisis SWOT pertama kali diperkenalkan pada tahun 1960 oleh Albert S. Humphrey. Analisis ini cocok digunakan dari usaha kecil, menengah, hingga bisnis dalam skala besar dan sangat penting dilakukan oleh suatu bisnis untuk menentukan strategi dan ide bisnis untuk selanjutnya. Sebelum mengetahui manfaat lainnya dari analisis ini, simak sedikit penjelasan singkat berikut ini:

#1 STRENGTHS (S)

Komponen pertama pada SWOT adalah Strengths yaitu kekuatan. Pada komponen ini kita melihat beberapa faktor yang menjadi kekuatan pada bisnis.

#2 WEAKNESSES (W)

Komponen kedua adalah Weaknesses yaitu kelemahan. Pada komponen ini kita melihat beberapa faktor yang menjadi kelemahan pada bisnis.

#3 OPPORTUNITIES (O)

Komponen ketiga adalah Opportunities yaitu peluang. Pada komponen ini kita dapat melihat apa saja yang dapat menjadi peluang untuk bisnis.

#4 THREATS (T)

Komponen keempat adalah Threats yaitu ancaman. Pada komponen ini kita dapat melihat apa saja yang dapat menjadi ancaman untuk bisnis.

Komponen Strengths dan Weaknesses merupakan faktor internal sedangkan Opportunities dan Threats merupakan faktor eksternal. Dari penjelasan berikut, kita dapat menyimpulkan bahwa analisis ini akan membuat bisnis kita berkembang dengan efektif. Setelah mengetahui bagaimana kondisi bisnisnya saat ini maka pelaku bisnis akan lebih mudah mengerti, mengatur sekaligus mengambil keputusan untuk bisnis. Apablia sudah melakukan analisis SWOT yang tepat, maka bisnis akan mempunyai peluang baik untuk menjaga loyalitas konsumen, meningkatkan brand awareness bisnis dan bisnis semakin berkembang dengan cepat. Dikutip dari Glints, berikut beberapa manfaat analisis SWOT

  • Dapat mengidentifikasi prioritas utama yang harus dilakukan saat menjalankan bisnis
  • Dapat mengasah strategi usaha untuk mencegah resiko dan cara menanganinya
  • Dapat membantu memperkuat poin-poin positif pada bisnis serta mengembangkan dan mengidentifikasi peluang pertumbuhan
  • Membantu pelaku nisnmanajemen untuk mengambil keputusan sesuai dengan data yang dapat dipercaya
  • Dapat membantu menentukan mana strategi yang tidak dibutuhkan

Nah itu dia pelajaran mengenai bisnis yang kamu harus ketahui. Penasaran dengan pelajaran bisnis lainnya? Kamu bisa mendaftarkan diri kamu ke STMIK LIKMI pada program S1 Creative Digital Business. Disini kamu akan diajarkan bagaimana memanajemen bisnis serta bagaimana cara untuk memasarkan bisnis secara digital menggunakan teknik Digital Marketing. Whatsapp admin yuk pada 0817219966 untuk informasi selanjutnya!