fbpx
Select Page

User Interface (UI) merupakan bentuk yang nampak dari sebuah aplikasi maupun website dan sebagai media interaksi antara program dengan penggunanya (user). Selain produk dan kualitas konten, salah satu aspek penting yang bisa ditingkatkan adalah UI karena hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. UI berfungsi sebagai elemen penyegar mata dan dapat membuat proses eksplorasi pada website maupun aplikasi menjadi lebih mudah bagi pengguna. Namun terkadang programmer tidak terlalu menyukai proses pembuatan UI padahal hal ini cukup mudah dan menyenangkan. Kini, UI menjadi salah satu aspek penting dalam tahap software development. 

Tanpa adanya UI yang bagus dan membuat nyaman para user, website maupun aplikasi perusahaan akan menghadapi kesulitan untuk bersaing pada zaman sekarang. Dikutip dari Glints.com, berikut beberapa alasan UI merupakan elemen yang penting:

Dapat meningkatkan keseluruhan pengalaman pengguna

UI merupakan salah satu faktor apakah user tertarik pada website atau aplikasi dan menjadi salah satu aspek untuk menaikan traffic pada website atau menaikan jumlah download pada sebuah aplikasi.

Memudahkan user dalam aplikasi atau website 

UI berfungsi untuk memanjakan mata para penggunanya namun jangan sekedar estetik tetapi juga harus menciptakan user experience yang baik. Karena apabila user experience buruk maka traffic website maupun jumlah download pada sebuah aplikasi akan semakin menurun.

Dapat meningkatkan kualitas Branding

UI dapat meningkatkan kualitas branding perusahaan karena UI menjadi cerminan atas kualitas beserta nilai dari produk yang ditawarkan sebuah perusahaan. UI yang sesuai akan menjadi tanda pengenal sebuah perusahaan tersebut.

UI memiliki beberapa manfaat lain yang dapat memberi keuntungan pada perusahaan. Menurut Include Help dan Indeed yang dikutip pada Glints.com, berikut manfaatnya:

  • Dapat meningkatkan penjualan perusahaan
  • Dapat mempercepat pertumbuhan bisnis
  • Memberikan struktur informasi yang jelas
  • Meningkatkan kualitas estetika di dalam website atau aplikasi.

Nah, penasaran dengan ilmu pengetahuan lainnya seputar UI, daftarkan dirimu ke Program S1 Creative Digital Technology. Konsultasikan lebih lanjut yuk, pada Admin 0817219966.