fbpx
Select Page

Perlombaan sangat bermacam-macam jenis dan bidangnya, serta sangat beragam baik tingkat nasional maupun internasional mulai dari lomba sains, cerdas cermat, seni, debat, dan sebagainya. Seperti yang sudah kita bahas di artikel sebelumnya, tentunya lomba tersebut memiliki banyak manfaat dan keuntungan ketika mengikuti lomba-lomba tersebut. Lalu hal apa saja sih yang harus dipersiapkan sebelum mengikuti lomba?

Materi 

Sebelum mengikuti lomba, kalian harus belajar materi yang berkaitan dengan lomba tersebut. Pelajari tentang materi-materi perlombaan akan sangat membantu dalam persaingan pada perlombaan dan juga akan mengasah kemampuan otak kamu.

Informasi

Selain materi, cari informasi yang berkaitan dengan lomba yang diadakan karena akan sangat membantu kamu untuk fokus dalam menjalankan lomba tersebut. Selain itu carilah referensi sebanyak mungkin agar menghasilkan hasil yang baik.

Pembimbing / Mentor

Cari mentor atau pembimbing yang sesuai dengan bidangnya karena butuh pendapat orang lain yang lebih berpengalaman dan ahli di bidangnya agar ada yang memberikan arahan untuk lomba.

Fisik dan Mental

Persiapkan fisik dan mental kamu dengan baik karena bukan hanya lomba olahraga saja yang butuh fisik dan mental yang sehat namun seluruh perlombaan memerlukan hal tersebut. Jawaban dan ide yang bagus akan muncul apabila kondisi tubuh yang prima dan mental yang tangguh. .Selain itu kesiapan mental juga dibutuhkan agar kamu siap untuk menerima apapun hasil perlombaan.

Doa

Dan yang terpenting, Doa. Usaha tanpa doa itu tidak akan berarti apa apa. Oleh sebab itu jangan lupa berdoa kepada Tuhan agar diberi kelancaran saat perlombaan.

Sekian hal yang perlu dipersiapkan untuk kamu yang akan mengikuti lomba. Apapun jenis perlombaannya, persiapkan hal-hal di atas ya. Good Luck dan semoga kamu dapat mengikuti lomba dengan maksimal dan bisa mendapatkan hasil yang terbaik!